Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Memaksimalkan Dapur Kecil Menurut Desainer Interior

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur kecil menjadi sebuah tantangan besar saat mendekorasinya. Sebab, dengan luasan kecil, dapur harus tetap memberikan kenyamanan saat beraktivitas.

Selain itu, semakin kecil dapur, semakin penting setiap sentimeter luasannya, sehingga patut dipertimbangkan desainnya.

"Memiliki dapur kecil tidak selalu merupakan hal yang buruk karena lebih mudah untuk dirapikan," kata desainer interior Beata Heuman seperti dilansir Living Etc, Kamis (28/7/2022).

Kadang-kadang dapur yang sangat besar lebih sulit untuk digunakan dan seringkali dapur yang lebih kecil bisa lebih berguna. 

"Pencahayaan sangat penting di ruang sempit, seperti warna dan bahan. Anda sering harus lebih terkendali dan bijaksana dalam ruang kecil, karena tidak ada banyak ruang untuk menumpuk banyak barang di dapur yang kecil," jelas Sheen Murphy, pendiri praktik desain interior Nune Nune.

"Ketika berhadapan dengan dapur kecil, perlu terasa seluas mungkin, serta nyaman digunakan," saran desainer Interior Fawn Galli.

Saat memikirkan ide tata letak dapur kecil, pertimbangkan bagaimana Anda menggunakan ruang dalam hal penyimpanan, memasak, dan faktor lainnya.

"Tempat awal utama ketika mendesain dapur yang lebih kecil adalah fokus pada elemen tata letak baru mana yang akan meningkatkan rutinitas harian Anda," jelas Emma Sims-Hilditch, pendiri Neptunus dan pendiri studio desain interior Sims Hilditch.

Cara memaksimalkan dapur kecil

"Hal pertama yang harus dipikirkan adalah bagaimana memaksimalkan penyimpanan," kata Murphy.

Gunakan semua ruang yang Anda miliki, horizontal dan vertikal. Investasikan pada komponen interior yang bagus seperti wadah piring dan perkakas, rak bumbu dan laci dangkal agar sesuai dengan yang lebih besar, dan gunakan laci besar daripada lemari bawah karena jauh lebih hemat ruang dan tidak rumit untuk dijangkau.

Sangat penting untuk mengeksploitasi semua area untuk kegunaan puncak dan menghindari pemborosan ruang.

Tidak hanya itu, pastikan Anda memiliki ruang untuk fungsi dapur Anda yang paling penting seperti penyimpanan, persiapan, pencahayaan, dan ruang makan. Di dapur, satu area dapat dirancang untuk melakukan banyak fungsi.

"Dapur kecil seringkali hanya memiliki satu lemari, jadi sangat penting bahwa tata letaknya direncanakan dengan hati-hati sehingga Anda dapat berpindah dengan mudah di antara area kerja utama," ucap Charlie Smallbone, pendiri Ledbury Studio.

Selain itu, kabinet dapur dan meja lipat dua sangat bagus untuk ruang yang lebih kecil.

Barang-barang utama seperti pemanggang roti, stoples penyimpanan, dan talenan semuanya dapat disimpan dengan aman tetapi masih dapat diakses dengan mudah, dan pintunya dapat ditutup agar ruang tetap terlihat bersih.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/07/28/081900376/cara-memaksimalkan-dapur-kecil-menurut-desainer-interior

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke