Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Merawat Tanaman Watermelon Peperomia

Berasal dari Amerika Selatan, watermelon peperomia adalah tanaman tropis yang tumbuh secara alami di bawah hutan hujan dan beradaptasi sangat baik untuk pertumbuhan dalam ruangan.

Tanaman watermelon peperomia memiliki pertumbuhan yang kompak, daun berwarna-warni, serta daun yang berkilauan sangat menakjubkan saat terkena sinar matahari. 

Tanaman watermelon peperomia mudah tumbuh dan dirawat sebagai tanaman hias, terutama jika mendapat penyiraman tepat.  

Watermelon peperomia adalah tanaman yang menyukai kelembapan sehingga perlu menyiram tanaman secara rutin. 

Karena itu, jika Anda memiliki kebiasaan lupa menyiram tanaman selama berminggu-minggu atau sibuk, tanaman watermelon peperomia bukanlah pilihan yang tepat. 

Tanaman watermelon peperomia menghasilkan bunga spikes pada musim semi dan musim panas meskti tidak mekar secara signifikan.

Namun, beberapa petani memilih memangkas bunga tersebut sehingga tanaman dapat memfokuskan energinya untuk menghasilkan dedaunan sebagai gantinya.  

Pencahayaan 

Ketika menanam dan merawatn tanaman watermelon peperomia, pilih lokasi yang menerima cahaya tidak langsung, dari intensitas terang hingga sedang.

Tanaman hias ini tidak boleh terkena sinar matahari langsung dalam waktu lama karena daunnya mudah terbakar.

Meski dapat bertahan hidup dalam kondisi cahaya lebih rendah, daun watermelon peperomia akan lebih kecil dan batangnya tumbuh tinggi. 

Hindari tanah yang diformulasikan untuk tanaman yang lebih menyukai tanah kering seperti kaktus dan sukulen karena ini akan membuat tanaman watermelon peperomia tidak akan menyerap cukup air untuk menopang tanaman.

Selain itu, campuran lumut gambut dan perlit dengan perbandingan 1:1 juga dapat digunakan untuk tanaman watermelon peperomia. 

Air

Selanjutnya, cara merawat tanaman watermelon peperomia adalah memastikan kebutuhan air tercukupi. Biarkan beberapa inci tanah bagian atas mengering di antara penyiraman, kemudian siram tanaman secara menyeluruh.

Tanaman watermelon peperomia sensitif terhadap penyiraman berlebih dan kurang. Selain itu, tidak boleh dibiarkan mengering atau terendam air dalam waktu lama. 

Pastikan menjauhkan tanaman watermelon peperomia dari ventilasi atau jendela berangin yang dapat mengeringkan udara di sekitar tanaman. 

Pupuk

Terakhir, cara merawat tanaman  adalah memastikan tanaman mendapat pupuk.

Berikan tanaman watermelon peperomia pemupukan teratur selama masa pertumbuhan. Gunakan pupuk cair seimbang setiap dua sampai empat minggu selama musim semi serta musim panas.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/07/26/144435576/6-cara-merawat-tanaman-watermelon-peperomia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke