Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Panduan Memilih Furnitur untuk Ruangan Minimalis

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain interior minimalis tak hanya mengandalkan dari pemilihan warna yang netral dan bersih, namun juga ditampilkan pada furnitur yang dipilih untuk ruangan tersebut.

Dilansir Homify, Kamis (21/7/2022), untuk memilih furnitur yang diperuntukan di ruangan minimalis, mulai dari jenis furnitru yang memiliki palet warna yang lebih sederhana dan bentuk yang lebih ramping. 

Adapun berikut beberapa panduan untuk memilih furnitur di ruangan minimalis. 

1. Pilih furnitur dengan palet warna netral

Warna netral dan lembut seperti abu-abu, krem moka, dan putih kulit telur muncul di banyak rumah minimalis, dan ada alasannya. 

Nada-nada ini membentuk bagian dari gaya yang bersih, tampak segar, dan menginspirasi rasa tenang. 

Namun, meskipun palet warna utama ruangan perlu diredam, nada warna cerah dapat memastikan sentuhan yang lain di dalam ruangan.

Jadi, jika Anda ingin menghadirkan percikan warna di ruangan minimalis, pilihlah pigmen padat yang nyaman di mata dan menyatu dengan baik dengan warna netral, seperti cokelat warna tanah, hijau dan biru alami, dan lainnya. 

2. Kualitas daripada kuantitas

Baik itu meja samping di kamar tidur minimalis atau sofa di ruang tamu minimalis, masing-masing bagian sangat perlu diperhatikan dengan matang sebelum masuk ke dalam ruangan.

Ingat, tujuan akhir Anda adalah menyediakan ruang yang nyaman bagi siapa saja untuk menghabiskan waktu. Itulah mengapa disarankan untuk mengutamakan kualitas daripada kuantitas.


Pemilihan ini juga memastikan furnitur akan lebih bertahan lama daripada furnitur tanpa kualitas yang bagus. 

3. Sederhana

Furnitur sederhana dengan garis-garis yang bersih dan sederhana sangat ideal untuk ruangan minimalis. Hindari furnitur dengan hiasan dan pola yang banyak.

Hal yang sama berlaku untuk dekorasi, untuk kamar tidur minimalis, lebih baik hiasi tempat tidur Anda dengan beberapa bantal sederhana dengan nada lembut daripada menumpuknya dengan berbagai bantal dan selimut dalam berbagai warna.

4. Pilih satu furnitur yang menonjol

Meskipun sederhana, namun Anda bisa memberikan satu bagian furnitur di dalam ruangan minimalis yang menonjol.

Misalnya Anda bisa memilih meja ruang makan dengan warna biru yang menakjubkan? Itu pasti akan menarik perhatian semua orang saat memasuki ruang.

Atau pasang lampu yang menarik perhatian, atau letakkan karpet yang menjadi titik fokus ruangan dengan dekorasi minimal.

5. Tekstur yang berbeda dengan nada yang sama

Cukup mudah untuk mendapatkan ruangan minimalis yang terkesan dingin dan hambar, namun ada satu cara untuk mengatasinya yakni dengan tekstur.

Panduan memilih furnitur untuk ruangan minimalis yang terakhir adalah menghadirkan kenyamanan, dan kehangatan visual dengan bantal sofa rajutan, bantal manik-manik, karpet tebal, dan dekorasi beludru. Hal yang sama berlaku untuk sofa, kursi, dan perawatan jendela Anda. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/07/21/141700876/panduan-memilih-furnitur-untuk-ruangan-minimalis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke