Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Tidak Boleh Meletakkan Barang di Atas Kulkas?

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan di rumah adalah meletakkan barang di atas kulkas. Padahal, kebiasaan ini tidak baik untuk dilakukan.

Dilansir Home Cook World, Sabtu (16/7/2022), barang-barang yang diletakkan di atas kulkas tidak hanya akan terkena sisa panas, tetapi dapat dengan mudah terbalik dan melukai seseorang di rumah.

Nah, mengapa tidak boleh meletakkan barang di atas kulkas? Secara umum, setiap produsen lemari es menyarankan untuk tidak meletakkan barang-barang di atas kulkas.

Pada saat yang sama, pabrikan memahami bahwa kebanyakan orang pada akhirnya akan tetap meletakkan barang di atas kulkas. Itulah sebabnya mereka juga memiliki beberapa pedoman yang harus Anda patuhi.

Untuk satu hal, Anda perlu memastikan bahwa Anda tidak meletakkan barang yang menghasilkan panas di atas kulkas. Kedua, Anda perlu memastikan bahwa apa pun di atas kulkas yang bisa jatuh dan melukai seseorang di rumah diturunkan sesegera mungkin.

Ketiga, Anda harus yakin bahwa Anda tidak meletakkan barang yang beratnya lebih dari 22,5 kilogram di atas kulkas. Idealnya, Anda bahkan tidak akan mencapai batas berat itu.

Salah satu alasan lain mengapa tidak boleh meletakkan barang di atas kulkas adalah kemungkinan Anda akan kesulitan mencapai bagian atas kulkas.

Tentu, Anda mungkin bisa menarik barang-barang dari depan kulkas tanpa harus melompat ke bangku atau tangga. Namun, sejauh ruang penyimpanan di dapur, ini adalah salah satu tempat datar yang lebih tidak nyaman di dalam ruangan.

Kulkas menghasilkan panas

Untuk alasan yang jelas, banyak orang tidak menganggap kulkas mereka sebagai alat penghasil panas.

Jika Anda pernah meletakkan tangan di bagian belakang kulkas setelah dicolokkan selama satu atau dua hari, Anda tahu berapa banyak panas yang dikeluarkan.

Kulkas pada dasarnya adalah sebuah kotak dengan kompresor yang menggerakkan cairan, yang disebut "cairan pendingin" melalui sistem kumparan. Gulungan di bagian dalam kulkas berisi cairan dingin bertekanan rendah yang mendinginkan makanan.

Kumparan di bagian belakang kulkas berisi cairan panas bertekanan tinggi yang melepaskan panas ke lingkungan sekitar kulkas. Panas ini naik ke atas dan menghangatkan dinding, apa pun di atas kulkas, dan benda apa pun di dekatnya.

Panas sekitar tidak hanya dapat merusak barang-barang yang Anda taruh di atas kulkas, tetapi juga dapat merusak peralatan itu sendiri.

Risiko barang terjatuh

Barang-barang berat di atas kulkas, seperti peralatan dapur kecil yang tidak dapat Anda temukan di tempat lain, dapat menimbulkan potensi risiko terbalik.

Ini terutama benar jika peralatan kecil yang berat ini diletakkan di dekat bagian depan kulkas agar mudah diakses.

Anda juga berisiko mengganggu keseimbangan kulkas sepenuhnya, dan semuanya akan jatuh pada Anda begitu Anda membuka pintu kulkas.

Barang bisa bergeser

Sebagian besar kulkas dirancang untuk memiliki sedikit "ruang penyangga" antara kondensor panas dan pendingin di bagian belakang unit dan dinding dapur tempat mereka didorong ke atas.

Zona penyangga ini diperlukan untuk mengontrol panas, tetapi apa yang terjadi ketika benda-benda yang Anda letakkan di atas kulkas akhirnya terjatuh, meluncur ke belakang belakang dan kemudian terjebak kembali di sana selamanya?


Lebih buruk lagi adalah ketika barang-barang yang lebih kecil tersangkut di antara kumparan kondensor pemanas dan pendingin, terperangkap, kemudian pasti meleleh dan terbakar.

Ini akan menimbulkan bahaya kebakaran di tangan lebih cepat daripada yang pernah Anda bayangkan.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/07/16/082100276/kenapa-tidak-boleh-meletakkan-barang-di-atas-kulkas-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke