Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Selain Watt, Ini yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Lampu

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mengganti bola lampu di sekitar rumah, Anda mungkin tidak terlalu memikirkan bola lampu mana yang dibeli selain tentang wattnya.

Lebih khusus lagi, Anda mungkin mengabaikan suhu warna bohlam atau mungkin Anda memilih satu warna karena menyukainya. 

Dilansir Cnet, Jumat (15/7/2022) faktanya, warna lampu yang Anda pasang itu penting. Warna yang berbeda memiliki fungsi yang berbeda dan Anda harus memerhatikan di mana Anda memasang warna tersebut.

Tidak semua bola lampu sama. Lampu tidak hanya hadir dalam gaya dasar dan watt yang berbeda, mereka juga tersedia dalam tingkat kecerahan dan suhu warna yang berbeda. 

Selain itu, sebenarnya memilih lampu yang tepat tidak harus sulit. Berikut hal yang perlu diketahui dalam memilih lampu. 

1. Lumen

Kecerahan bola lampu dilambangkan dengan peringkat lumennya. Semakin tinggi lumennya, semakin terang bohlamnya.

Di samping itu, ada yang namanya terlalu banyak cahaya. Masalahnya adalah, seberapa terang ruangan seharusnya bersifat subjektif dan efektivitas bohlam ditentukan oleh ukuran ruangan, warna dinding, penempatan cahaya, dan faktor lainnya.

Jadi, mengetahui kecerahan yang dibutuhkan harus dilihat kebutuhan dan keadaan ruangannya terlebih dahulu.  

2. Watt

Watt adalah jumlah daya yang dikonsumsi bohlam. Jika Anda telah beralih ke lampu LED , Anda harus lebih memerhatikan lumen daripada watt.

Lampu pijar menggunakan daya yang jauh lebih besar daripada lampu LED modern, artinya lampu pijar 60W memancarkan lebih sedikit cahaya daripada lampu LED 60W.

Sebagai gantinya, untuk mengganti bohlam pijar 60W, Anda harus mencari bohlam LED 8W atau 12W untuk mendapatkan nilai lumen yang kira-kira sama.

3. Temperatur warna

Selain kecerahan, Anda juga harus mempertimbangkan warna lampu. Ini biasanya dilambangkan dengan peringkat Kelvin (biasanya 2.700 hingga 6.500) dan disertai dengan nama deskriptif, seperti soft white atau daylight.

Berikut rincian suhu warna lampu. 

Dengan mengingat hal itu, ketika memilih bohlam untuk sebuah ruangan, pikirkan apa yang biasanya Anda lakukan di ruangan itu dan beli bohlam untuk kebutuhan itu.

Dengan kata lain, Anda mungkin harus meletakkan lampu daylight di meja rias atau lampu putih lembut di kamar tidur Anda. Dan Anda mungkin tidak menginginkan daylight di atas meja ruang makan atau warna putih lembut di dapur.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/07/15/114900476/selain-watt-ini-yang-harus-dipertimbangkan-saat-memilih-lampu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke