Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menyewa Jasa Pindah Rumah atau Melakukan Sendiri, Mana Lebih Efektif?

Meski memiliki cukup banyak anggota keluarga untuk membantu, tetap saja proses pindah rumah bisa menguras tenaga dan memakan banyak waktu. 

Hal ini karena banyaknya barang yang dimiliki dan ada beberapa perabotan rumah tangga yang memiliki beban berat. Belum lagi, barang-barang itu bisa diangkut menggunakan kendaraan pribadi sekaligus. 

Hal ini membuat beberapa orang memilih menggunakan jasa pindah rumah. Namun, apakah jasa ini efektif?

Dikutip dari My Move, Kamis (7/7/2022), ada sejumlah pertimbangan dalam menentukan apakah perlu menyewa jasa pindah rumah  atau melakukannya sendiri seperti berikut ini. 

Terlepas dari keadaan yang tengah dialami, waktu menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan saat proses pindah rumah. 

Jika memiliki waktu untuk mengatur, mengemas, memuat, dan mengangkut barang, kamu bisa melakukan proses pindah rumah sendiri. 

Akan tetapi, jika tidak punya waktu atau tidak ingin meluangkan waktu, sebaiknya perlu menyewa jasa pindah rumah.

Untuk mematangkan pilihan, cobalah berdiskusi dengan anggota keluarga dan cari waktu bersama yang diperlukan untuk pindah rumah.

Pertimbangkan cara pindah rumah yang berbeda

Saat ini, ada banyak pilihan menyewa jasa pindah rumah, salah satunya menyewa truk untuk mengangkat furnitur yang berat.

Ada pula jasa pindah rumah yang hanya fokus mengemas semua perabotan yang dimiliki, ada pula yang membantu mengangkut barang-barang tersebut. 

Jika stres mengemas barang, kamu bisa menyewa jasa pengemasan tersebut. Mereka akan mengemas barang dengan hati-hati dan tepat guna mencegah kerusakan selama proses pindah rumah.

Sementara untuk yang benar-benar tidak memiliki waktu luang atau tidak ingin stres, sewalah jasa pindah rumah untuk mengemas semua perabot, mengangkutnya, dan memindahkannya ke rumah baru. 

Selain waktu, faktor terbesar lainnya saat memutuskan menyewa jasa pindah rumah atau tidak adalah bujet yang dimiliki. 

Terlepas dari keputusan yang diambil, kamu perlu menyiapkan bujet tepat agar proses pindah rumah berjalan lancar. 

Membuat daftar barang

Ada perbedaan besar antara memindahkan barang dari rumah dengan tiga kamar tidur dan apartemen dengan satu kamar tidur. 

Jika ingin menggunakan jasa pindah rumah, penyedia jasa akan menanyakan ukuran rumah untuk membantu memperkirakan berapa banyak barang yang bisa dipindahkan serta menentukan harga yang sesuai. 

Karena itu, buatlah daftar barang yang dimiliki. Daftar ini tidak hanya membantu menentukan apakah pengepakan dan pengangkutan bisa dilakukan sendiri atau tidak, tetapi membantu melacak barang-barang berharga selama proses pindah rumah.

Tidak dapat dipungkiri bahwa pindah rumah dapat mempengaruhi kondisi fisik. Sebab, ada banyak gerakan yang dilakukan tubuh, dari membungkuk, meregangkan tubuh, hingga mengangkut barang berat.

Proses pindah rumah memiliki risiko membuat punggung terasa pegal atau otot tertarik. Lebih lanjut, jika memindahkan barang berat dengan postur tubuh yang tidak tepat, dapat membuat tubuh bisa terasa sangat sakit.

Karena itu, ketahui kemampuan fisik sendiri. Bila memang tidak kuat dan fisik tidak mendukung melakukannya, sebaiknya menggunakan jasa pindah rumah. 

Penyedia jasa pindah rumah biasanya memiliki alat dan pelatihan tepat untuk mengangkut barang tanpa merusak barang serta mencegah tubuh terkeseleo atau sakit.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/07/07/123400976/menyewa-jasa-pindah-rumah-atau-melakukan-sendiri-mana-lebih-efektif-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke