Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips untuk Meminimalisir Hairball pada Kucing Peliharaan

Hairball yang terjadi sesekali umumnya tidak perlu dikhawatirkan dan tidak menunjukkan masalah serius karena itu adalah proses alami.

Namun, meski jarang, hairball bisa berbahaya jika gumpalan bulu di perut kucing menjadi terlalu besar untuk dilewati atau tersangkut di saluran pencernaannya.

Untungnya, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu meminimalkan terjadinya hairball pada kucing peliharaan.

Dilansir dari Pets WebMD, Rabu (29/6/2022), berikut ini tips untuk meminimalisir hairball pada kucing peliharaan.

Ini juga tidak menyenangkan bagimu sebagai pemilik kucing ketika mendengar kucingmu mengalami pengalaman tersebut.

Jadi, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu mencegah hairball atau mengurangi frekuensinya.

Sisir bulu mereka

Jika bulu kucingmu rontok banyak, mereka mungkin menelan banyak bulu yang lepas sehingga meningkatkan kemungkinan terjadinya hairball.

Kamu dapat membantu mengurangi risiko hairball dengan menyisir bulu kucingmu secara berkala.

Idealnya, kamu harus menyisir bulu kucingmu setidaknya sekali atau dua kali seminggu.

Jika kucingmu memiliki bulu yang panjang, kamu mungkin perlu menyikatnya lebih sering. Beberapa kucing mendapat manfaat dari menyisir bulu setiap hari.

Beberapa kucing senang disisir, sementara yang lain mungkin tidak. Jika kucingmu tidak senang disisir, pertimbangkan untuk mengenakan grooming glove atau sarung tangan sikat daripada menggunakan sisir.

Dengan menggunakan grooming glove, kucingmu akan merasa seperti sedang dibelai daripada disisir.

Kelembapan dari tisu basah atau handuk kertas basah membantu menghilangkan sisa bulu yang lepas, membantu mengurangi jumlah bulu yang berakhir di perut kucing dan mengurangi risiko hairball.

Tambahkan lebih banyak serat

Sama seperti manusia, kucing membutuhkan serat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaannya.

Namun, kebutuhan mereka berbeda dari manusia dan omnivora lainnya karena kucing biasanya tidak membutuhkan serat tanaman.

Meski begitu, menambahkan beberapa serat ekstra ke makanan kucingmu dapat membantu menurunkan risiko hairball sehingga membantu memindahkan sesuatu melalui sistem pencernaannya dengan lebih baik.

Beberapa bentuk serat untuk ditambahkan meliputi labu (atau bubuk labu), apel, wortel, rumput kucing, hingga metamucil (pil serat atau bubuk)

Perlu diingat bahwa kebutuhan serat kucing jauh berbeda dengan serat yang dibutuhkan manusia.

Kamu tentu tidak ingin menambahkan terlalu banyak serat ke makanan mereka, atau kucingmu mungkin mengalami beberapa efek samping yang tidak menyenangkan.

Jika tidak yakin berapa banyak serat yang harus ditambahkan, bicarakan dengan dokter hewan.

Dengan demikian, sistem pencernaan mereka mungkin tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Tawarkan kucingmu untuk meminum lebih banyak air bersih dan segar. Banyak kucing lebih suka air mengalir daripada diam dan mereka mungkin tidak menyukai bau atau rasa air keran.

Kamu mungkin mempertimbangkan untuk memberi kucingmu air yang memancur untuk membuatnya minum lebih banyak.

Memberi makan wet food (makanan basah) juga dapat memberikan hidrasi yang cukup untuk membantu menjaga sistem pencernaan bergerak dengan baik, mengurangi risiko hairball.

Tambahkan satu sendok teh minyak zaitun atau mentega cair ke makanan kucingmu seminggu sekali.

Berikan kucingmu makan sedikit tuna kalengan atau sarden sesekali. Pilihan efektif lainnya adalah mencelupkan kaki kucingmu ke dalam petroleum jelly.

Mereka akan menjilatnya, dan jeli akan melapisi saluran pencernaan untuk membantu bulunya melewati sistem pencernaan mereka.

Berikan makanan kucing yang diformulasikan untuk hairball

Jika kucingmu batuk hairball secara teratur, kamu dapat mempertimbangkan untuk beralih ke makanan yang diformulasikan secara khusus untuk membantu mengurangi masalah tersebut.

Banyak merek makanan kucing memiliki produk untuk mengatasi hairball. Formula itu biasanya mencakup hal-hal seperti peningkatan serat, minyak, mineral, dan vitamin yang dapat membantu bulu yang tertelan melewati sistem pencernaan secara alami.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/29/140200576/tips-untuk-meminimalisir-hairball-pada-kucing-peliharaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke