Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Cara Unik Menggunakan Plastic Wrap di Rumah, Bisa Cegah Rak Berdebu

JAKARTA, KOMPAS.com – Jika umumnya plastic wrap digunakan untuk mengemas bahan makanan atau sisa makanan, ternyata mereka juga bisa dimanfaatkan untuk hal lain dalam kebutuhan rumah tangga.

Saat ingin beristirahat usai mengecat pagar atau dinding, misalnya, kamu bisa membungkus kuas dengan plastic wrap agar tidak mengering.

Bahkan, mereka pun bisa dimanfaatkan untuk menutup bagian atas kulkas supaya bebas dari debu. Dikutip dari Reader’s Digest Canada, Rabu (22/6/2022), ada manfaat lain dari plastic wrap selain yang telah disebutkan. Apa saja?

Salah satu hambatan dalam berlibur selama beberapa pekan adalah memiliki rumah yang berdebu, terutama keyboard komputer jika kamu masih bekerja dari rumah.

Peralatan kerja yang berdebu tentu dapat membuat semangat bekerja menurun karena terbayang waktu yang akan terbuang untuk membersihkannya.

Lebih lanjut, keyboard komputer perlu dibersihkan dengan hati-hati untuk memastikan sela-sela di setiap tombol tidak berdebu.

Untuk menjaga keyboard tetap bersih selama kamu berlibur adalah dengan melapisinya pakai plastic wrap. Kamu hanya perlu melepasnya setelah sampai di rumah.

2. Memastikan bunga tetap segar

Jika memiliki potongan bunga segar dan ingin menjaganya bertahan lama, potong plastic wrap dalam bentuk persegi panjang.

Lalu, letakkan tisu lembap di atasnya. Kemudian, letakkan ujung batang bunga di tengah tisu lembap, dan lipat plastic wrap ke atas untuk membungkus batang bunga.


Kamu bisa menutupi tisu lembap dan plastic wrap dengan pita atau benda lainnya agar potongan bunga terlihat indah.

Kehadiran lalat buah di dapur memang cukup mengganggu. Untuk menangkapnya, ambil cangkir kecil yang berisi beberapa potongan buah.

Lalu, lapisi bagian atas cangkir dengan plastic wrap yang sudah memiliki lubang kecil di bagian tengahnya.

Lalat buah akan tertarik dengan cangkir berisi buah dan memasukinya. Namun, mereka akan kesulitan untuk keluar dari sana.

4. Menjaga pisang tetap segar

Buah pisang sama seperti alpukat, mereka dapat membusuk dengan cepat. Untuk menghambat pembusukan dan menjaganya tetap segar, bungkus batangnya dengan plastic wrap.

5. Mengatasi kloset duduk yang mampet

Tidak semua orang memiliki penyedot kloset. Untuk mengatasi kloset duduk yang mampet, kamu bisa memanfaatkan plastic wrap.

Caranya hanya dengan menutup mangkuk kloset dan menekan tombol penyiramnya. Saat plastik melembung, tekan ke bawah untuk menciptakan tekanan yang cukup untuk mengatasi kemampetan.

Jika memiliki banyak rak penyimpanan dan sedikit waktu untuk membersihkannya, manfaatkan plastic wrap untuk menjaganya bebas dari debu.

Kamu hanya perlu melapisi setiap rak terlebih dulu sebelum menaruh berbagai peralatan dapur di atasnya.

7. Mencegah freezer burn

Beberapa bahan makanan yang disimpan di dalam freezer dapat mengalami freezer burn jika tidak disimpan dengan benar.


 

Untuk mencegahnya, kamu bisa melapisi bahan makanan yang disimpan dengan plastic wrap. Jika bahan makanan berada di dalam wadah, lapisi dulu bahan makanan sebelum menutup wadahnya.

8. Mencegah cat mengering

Sama halnya dengan kuas cat, cat juga bisa mengering jika kalengnya dibiarkan terbuka untuk waktu yang lama, atau kaleng tidak ditutup dengan benar. Untuk mencegahnya, lapisi kaleng cat yang terbuka dengan plastic wrap. Kemudian, tutup kalengnya.

Beberapa bahan makanan memiliki wadah bawaan yang bisa dimanfaatkan untuk hal lain. Biasanya, stiker merek, harga, ada kandungan produk akan dilepas terlebih dulu.

Namun, mereka dapat meninggalkan residu lengket karena stiker sulit dilepas. Cobalah untuk membasahi stiker dengan air sabun hangat.

Kemudian, segera bungkus dengan plastic wrap dan diamkan selama lima menit. Setelah itu, lepaskan plastik. Stiker dapat dengan mudah tercabut.

10. Menjaga kesegaran selada

Apabila tidak ingin langsung mengolah selada, simpan mereka di dalam mangkuk atau wadah apa pun. Kemudian, tutup dengan tisu lembap dan bungkus seluruh mangkuk dengan plastic wrap. Mereka dapat bertahan selama sekitar sepekan.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/22/100500376/10-cara-unik-menggunakan-plastic-wrap-di-rumah-bisa-cegah-rak-berdebu

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke