Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Mencuci dan Merawat Bantal agar Bersih dan Nyaman Digunakan

JAKARTA, KOMPAS.com - Di sofa dan tempat tidur, bantal dapat dengan cepat mengumpulkan penumpukan kotoran dari penggunaan sehari-hari.

Kotoran, debu, keringat, air liur, bakteri, dan bahkan jamur atau lumut dapat menumpuk di dalam bantal dari waktu ke waktu, menyebabkan bau tidak sedap dan merusak penyangganya. Untuk memastikan bantal Anda tetap segar dan bebas kuman, penting untuk membersihkannya setiap beberapa bulan.

Dilansir dari Better Homes and Gardens, Selasa (14/6/2022), berikut beberapa panduan cara mencuci bantal, cara menjaga kebersihannya, dan kapan harus menggantinya.

Kiat-kiat ini akan membantu memastikan bantal Anda dicuci, dikeringkan, dan mengembang dengan sempurna.

1. Mencuci bantal di mesin cuci

"Sebagian besar bantal bulu angsa dan bantal sintetis dapat dicuci dengan mesin dan dikeringkan," kata pakar kebersihan Donna Smallin Kuper dari Unclutter.com.

Perhatikan bahwa air harus bersuhu 60 derajat celcius atau lebih tinggi untuk membunuh tungau debu. Pertimbangkan siklus putaran ekstra untuk memeras kelembapan sebanyak mungkin.

2. Pilih deterjen dengan bijak 

"Jenis deterjen cucian terbaik untuk mencuci bantal adalah sabun bebas pewangi," kata ahli kebersihan Leslie Reichert.

Dia merekomendasikan deterjen alami atau resep sabun cuci buatan nenek buyutnya, yakni dengan menambahkan dua cangkir sabun dan masing-masing satu cangkir soda kue, soda cuci, dan boraks. Penting juga untuk menggunakan rekomendasi deterjen pabrikan untuk mencuci bantal.

Deterjen berlebih yang tidak dibilas dapat meninggalkan residu lengket yang menyebabkan penggumpalan.

3. Keringkan bantal dengan baik

Pastikan bantal benar-benar kering, karena kelembapan yang berkepanjangan dapat memunculkan kembali jamur, bakteri, dan tungau debu yang ingin Anda hindari.

Keringkan bantal di pengering Anda dengan pengaturan panas rendah, periksa setiap 20 hingga 30 menit untuk memastikan pengeringan yang merata.

Untuk membuatnya lebih empuk, keringkan bantal dengan bola pengering atau bola tenis dalam kaus kaki.

4. Jangan membebani mesin 

Anda sebaiknya mencuci dan mengeringkan setidaknya dua bantal sekaligus untuk menjaga keseimbangan mesin cuci. Namun, berhati-hatilah untuk tidak memasukkan terlalu banyak sekaligus.

Bantal membutuhkan banyak air untuk benar-benar bersih dan banyak ruang untuk benar-benar kering.

Cara menjaga bantal agar tetap bersih

Gunakan tips perawatan ini untuk menjaga bantal Anda tetap segar dan bersih.

  • Tekan bantal setiap hari: Menekan bantal teratur membantu menjaga bantal dalam kondisi baik. Luangkan beberapa menit setiap hari untuk merapikan tempat tidur dan bantal sofa Anda untuk menghilangkan debu dan mengembalikan bentuknya.
  • Vakum: Bantal busa tidak boleh dicuci, kata Reichert. Dia merekomendasikan untuk menaburkannya dengan tepung jagung, diamkan selama satu jam atau lebih, lalu menyedot debu di kedua sisi secara menyeluruh.
  • Gunakan pelindung bantal: Pelindung bantal yang dapat dilepas memberi Anda lebih banyak waktu di antara pembersihan bantal penuh. Lepas dan cuci pelindung bantal dengan air panas sebulan sekali.
  • Ganti bantal setelah dua tahun: Meskipun pembersihan rutin dapat memperpanjang umurnya, bantal harus diganti setiap dua tahun. Anda akan tahu kapan saatnya mengganti bantal jika bantal tidak lagi memberikan dukungan yang cukup, terasa kental dan tidak nyaman, atau menimbulkan bau atau noda yang tidak dapat dihilangkan.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/14/125700376/tips-mencuci-dan-merawat-bantal-agar-bersih-dan-nyaman-digunakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke