Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Benda di Rumah yang Dapat Terbakar jika Tak Rutin Dibersihkan

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda pasti ingat untuk membersihkan remah-remah di permukaan meja, menyedot debu di karpet, atau menyapu dan mengepel lantai.

Akan tetapi, ada beberapa benda di rumah yang terlalu kotor namun sering kali terabaikan. Padahal, beberapa area tersebut harus dibersihkan agar menghindari bahaya lain selain kotor.

Dilansir Reader's Digest, Kamis (9/6/2022), benda-benda yang kerap lupa dibersihkan ini dapat menjadi pemicu kebakaran. Apa saja? 

1. Pemanggang roti

Pemanggang roti adalah barang yang sangat umum digunakan di hampir semua rumah dan jika tidak dibersihkan dengan baik, maka bisa memicu kebakaran.

Remah-remah makanan jatuh dan menumpuk di bagian bawah pemanggang. Adapun ketika pemanggang roti digunakan lagi, remah-remah itu akan memanas kembali dan bisa mulai berasap.

"Saya juga melihat ini karena keju atau bahan lain yang meleleh ke panel pemanas,” kata Spencer Dirocco, pemilik K1 Cleaning and Restoration, sebuah perusahaan di bidang pembersihan. 

Barang yang menyentuh sumber panas bisa menjadi sangat berbahaya karena akan mulai berasap lebih cepat daripada remah-remah di baki bawah.

"Saya menyarankan untuk membersihkan remah-remah setelah setiap kali digunakan dan memastikan tidak ada yang menyentuh sumber panas," tambah Dirocco. 

2. Exhaust fan kamar mandi

Salah satu bahaya kebakaran yang paling sering diabaikan di rumah adalah kipas angin atau exhaust fan kamar mandi.

Jika Anda memiliki exhaust fan yang tua dan kotor serta berdebu, motor dapat menjadi terlalu panas dan memicu kebakaran.

“Kipas angin kamar mandi yang lebih baru biasanya memiliki motor yang dilindungi termal (motor mati jika terlalu panas), tetapi kipas yang lebih tua tidak memiliki fitur keselamatan ini,” jelas Arie Van Tuijl, pemilik Home Inspector Secrets. 

Apabila debu dan serpihan memenuhi motor, dan penutup kipas atau kisi-kisi tersumbat oleh debu, motor dapat dengan mudah menjadi terlalu panas dan menjadi bahaya kebakaran. 

Van Tuijl merekomendasikan untuk membersihkan penutup kipas kamar mandi setidaknya setahun sekali dan motor itu sendiri setidaknya setiap beberapa tahun.

3. AC

Meskipun AC dimaksudkan untuk mendinginkan rumah Anda, jika tidak dirawat dan dibersihkan secara teratur oleh seorang profesional, itu berpotensi memicu kebakaran.

“Penyebab utamanya adalah kabel di AC. Kabel putus dapat terjadi karena berbagai alasan atau hanya karena keausan,” ucap Albert Lee, pendiri Home LivingLab.

Jika kabel benar-benar putus, risikonya rendah. Namun, jika sebagian kabel putus atau terkelupas, daya masih terus mengalir dengan resistansi yang meningkat. Ini menyebabkan panas berlebih dan berpotensi memicu kebakaran. 


Beberapa pemilik rumah mungkin mencoba untuk sementara memperbaiki kabel yang berjumbai dengan mengikat potongan tembaga bersama-sama dan menutupinya dengan selotip. Ini juga sangat berbahaya karena panas dari kawat akan melelehkan selotip dan bisa terbakar.

Lee merekomendasikan untuk membersihkan AC setiap tiga bulan selama masa penggunaan yang tinggi. 

4. Cooker hood

Membersihkan cooker hood secara teratur dapat mencegah kebakaran akibat residu minyak dan kebakaran yang disebabkan oleh minyak goreng berasap.

“Karena lemak dan sisa asap dapat menumpuk di ventilasi, pembersihan filter kap mesin secara teratur adalah kuncinya,” sebut Eamon Lynch, Direktur Layanan Garansi di Power Home Remodeling.

Untuk membersihkan cooker hood, Lynch menyarankan Anda menggunakan sedikit air panas, soda kue, dan sabun pembersih minyak sebulan sekali.

Jika penumpukan berlanjut, filter bisa tersumbat dan bahkan menghancurkan langit-langit Anda dengan gelembung dan residu di mana asap tidak dapat keluar dengan benar.

5. Pengering rambut

Saat Anda menggunakan pengering rambut setiap hari, kotoran, rambut, dan debu mulai menumpuk dan dapat menjadi berbahaya.

"Jika alat berbau seperti rambut terbakar, jika itu mengejutkan atau membakar Anda, ini adalah tanda-tanda bahwa itu perlu dibersihkan atau diganti," terang pakar listrik di Mister Sparky.

Selain itu, kabel listrik pengering rambut dapat menjadi terlalu panas dan juga menyebabkan meleleh, kebakaran, atau ledakan.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/09/085300276/benda-di-rumah-yang-dapat-terbakar-jika-tak-rutin-dibersihkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke