Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perhatikan, 5 Cara Mencegah Kebakaran di Dapur

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur kerap menjadi area yang sangat sibuk di rumah. Tidak hanya itu, karena adanya aktivitas yang melibatkan api, risiko kebakaran pun sangat besar dan bisa terjadi kapan saja.

"Dalam hal memasak di rumah, sangat penting untuk memastikan Anda melakukan semua yang Anda bisa untuk mencegah kebakaran minyak," kata James Watts, yang menjalankan sumber daya memasak online Own The Grill, seperti dikutip dari Martha Stewart, Rabu (1/6/2022).

"Tidak hanya berbahaya, tetapi juga sulit dipadamkan. Anda tidak ingin berada dalam posisi di mana ini berpotensi terjadi karena mudah dihindari," jelas Watts.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara-cara mencegah kebakaran di dapur. Ini dilakukan agar kegiatan memasak sehari-hari tidak menimbulkan bahaya bagi Anda sekeluarga.

Berikut beberapa cara mencegah kebakaran di dapur.

1. Kenakan pakaian yang sesuai saat memasak di dapur

Sangat mudah untuk tidak memikirkan pakaian ketika Anda memasak, tetapi penting untuk memperhatikan apa yang Anda kenakan saat memasak. Pakaian yang longgar dan panjang dapat dengan mudah terbakar.

Kenakan pakaian yang lebih pendek, atau pastikan Anda menyingsingkan lengan baju dengan erat.

2. Ketahui titik asap minyak yang digunakan

Semua minyak, mentega, dan lemak memiliki suhu titik asap yang berbeda. Waspadai titik asap tersebut sehingga Anda dapat menghindari suhu berlebih saat memasak.

"Penyebab paling umum dari kebakaran minyak umumnya adalah kurangnya pengetahuan juru masak tentang titik asap dari berbagai minyak goreng," terang Jessica Randhawa, kepala koki dan pemilik situs resep The Forked Spoon.


"Ketika suhu titik asap terlampaui, minyak dapat menyala, menyebabkan kebakaran," ucap Randhawa.

3. Tambahkan minyak secara perlahan

Daripada menambahkan minyak sekaligus, tambahkan perlahan-lahan untuk mencegah timbulnya api. Ini juga akan menghentikan tumpahan minyak yang tidak disengaja.

4. Biasakan membersihkan kompor secara teratur

Jika tidak sengaja menumpahkan sesuatu, pastikan Anda membersihkannya karena sisa minyak dapat dengan mudah terbakar. Idealnya, Anda perlu membersihkan kompor secara menyeluruh setelah setiap kali digunakan.

Akan tetapi, berkomitmenlah untuk melakukannya setidaknya seminggu sekali.

5. Tetap berada di dapur saat memasak

"Panci tidak boleh dibiarkan begitu saja, terutama saat memasak pada suhu tinggi," saran Watts.

"Hanya butuh satu saat kecil untuk menyalakan api minyak," imbuh dia.

Anda harus dapat melihat apa pun yang mungkin tumpah atau terbakar secepat mungkin, karena semakin cepat Anda melihat api karena minyak, semakin banyak waktu yang Anda miliki untuk memadamkannya. Jika Anda harus meninggalkan ruangan, matikan kompor.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/01/093000176/perhatikan-5-cara-mencegah-kebakaran-di-dapur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke