Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mudah Membersihkan Nat Keramik dengan Cuka Putih dan Baking Soda

Sebab, kotoran pada nat keramik dapat menempel pada kulit dan terbawa ke sejumlah area di rumah seperti tempat tidur, terlebih jika kamu jarang mencuci kaki sebelum masuk ke kamar tidur.

Nat keramik merupakan celah atau sambungan antara ubin yang biasanya diisi mortar instan atau semen putih. Namun, celah ini dapat menjadi menarik kotoran dan jamur. 

Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan bahan-bahan dapur. Dikutip dari Pure Wow, Senin (16/5/2022),General Contractor, Tom Silva, mengatakan, memberihkan nat keramik bisa menggunakan kombinasi cuka putih, baking soda, dan sabun cuci piring. 

Untuk cuka putih, pilih cuka putih suling dan tuangkan cuka langsung ke nat ubin yang ingin dibersihkan. Setelah itu, siapkan gelas plastik, lalu masukkan beberapa sendok makan baking soda, air dingin, serta sabun cuci piring, dan aduk hingga merata.

Perlu diketahui, takaran masing-masing bahan tergantung pada luas area nat keramik yang ingin dibersihkan. 

Setelah campuran merata, pastikan teksturnya mudah dituang dan tidak terasa seperti pasta. Kemudian, tuangkan langsung ke area nat keramik yang telah dibaluri cuka putih suling.  

Apabila keadaan nat keramik dalam kondisi benar-benar kotor, tunggu sekitar 15 menit agar larutan meresap. Jika tidak terlalu kotor, langsung gosok nat dengan sikat gigi.

Akan tetapi, sebaiknya menggunakan sikat berukuran lebih besar dan bulu-bulunya kaku agar lebih mudah dibersihkan. Setelah menggosok nat yang kotor, gunakan spons untuk menyeka sisa larutan pembersih.

Larutan pemutih

Jika enggan menggunakan bahan dapur, Anda bisa menggunakan larutan pemutih. Caranya,  encerkan ¾ cangkir larutan pemutih dengan 4,5 liter air, kemudian tuangkan atau semprotkan pada nat keramik yang ingin dibersihkan, dan diamkan selama beberapa menit.

Selanjutnya, gosok nat keramik menggunakan sikat berbulu kaku hingga benar-benar berkilau serta bilas area nat sampai bersih setelah selesai. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/16/192300476/cara-mudah-membersihkan-nat-keramik-dengan-cuka-putih-dan-baking-soda

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke