Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tips Mendesain Kamar Mandi Bergaya Industrial

JAKARTA, KOMPAS.com – Gaya desain interior industrial merupakan salah satu yang kerap diusung oleh beberapa bangunan masa kini bersamaan dengan minimalis, Japanese, dan Skandinavia.

Gaya industrial memiliki keunikan sendiri karena membuat rumah terlihat setengah jadi (unfinished) dan nampak seperti pabrik, tetapi tampilannya tetap unik dan elegan.

Beberapa orang mungkin menerapkan gaya industrial di ruang tamu, ruang keluarga, atau dapur. Dikutip dari Decortips, Senin (16/5/2022), gaya ini dicapai dengan sentuhan dekoratif di beton, bata ekspos, kayu, dan pipa luar ruangan.

Apabila ingin menerapkan gaya ini di ruangan lain, misalnya kamar mandi, ada sejumlah tips yang dapat diikuti, yakni sebagai berikut.

Pilihan warna yang ideal untuk kamar mandi bergaya industrial adalah netral. Ini termasuk warna seperti putih, hitam, dan abu-abu dalam nuansa yang berbeda.

Akan tetapi, deretan warna ini dapat dikombinasikan dengan warna bernuans dingin seperti biru, atau warna bernuansa bumi yang lebih gelap.

Kombinasi warna ini akan terlihat kontras sehingga membuat kamar mandi terlihat lebih hidup. Mereka pun cocok bagi orang-orang yang kurang menyukai warna netral.

2. Pertimbangkan mengganti lantai dan dinding

Kamar mandi bergaya industrial dicirikan oleh lantai dan dinding yang terbuat dari material tertentu. Jadi, sangat ideal untuk menggunakan beton atau cladding bata abu-abu terbuka.


Hal tersebut dapat memberi ruangan memiliki tampilan rustic, netral, dan sangat modern. Material-material ini dapat dikombinasikan dengan kayu yang akan memberikan kontras yang hangat.

Terkait penggunaannya, kayu dapat digunakan di lantai atau di bingkai foto dan elemen dekoratif lainnya.

3. Perhatikan pencahayaan

Untuk memilih pencahayaan yang tepat dan berhasil dalam menerapkan gaya industrial di kamar mandi, pilih material lampu yang tepat.

Jenis pencahayaan yang paling umum untuk kamar mandi industrial adalah yang terbuat dari logam, seperti baja, perunggu, atau alulminium.

Sebab, mereka berpadu dengan nuansa dinding netral, dan berkontribusi dalam menghasilkan gaya setengah jadi khas industrial.

4. Pilih keran yang bergaya

Terkait infrastruktur secara umum kamar mandi, keran wastafel harus menonjol dan memiliki desain yang modern. Selaraskan dengan gaya industrial yang diinginkan.

Ada beberapa yang memiliki sentuhan akhir hitam atau abu-abu, atau dengan sentuhan tembaga pada keran wastafel. Ini sangat cocok dengan tampilan industrial.

5. Pilih aksesori yang tepat

Bagian paling menyenangkan dari mendekorasi ulang kamar mandi dalam gaya industrial adalah memilih aksesori.

Kamu dapat menaruh meja dengan kaki bermaterial logam untuk menampilkan benda-benda dekoratif yang diinginkan, misalnya vas bunga atau pot tanaman.

Kamu pun dapat memasang rak apung dengan kabel hitam tipis untuk menaruh handuk putih, dan menjadikannya sebagai bagian dari dekorasi. Bisa pula menggunakannya untuk menaruh beberapa gambar yang dapat membangkitkan nuansa relaksasi.

6. Jangan penuhi kamar mandi

Gaya industrial sama seperti minimalis. Mereka mengajakmu untuk menjadi minimalis dan tidak memenuhi ruangan.

Gaya ini dapat diidentifikasikan dengan hanya menggunakan beberapa barang, tetapi cukup untuk membuat ruangan terasa santai, elegan, dan sangat bergaya.

Salah satu hal tentang gaya industrial adalah mereka dapat diterapkan di ruangan berukuran apa pun. Kamu dapat menerapkannya di kamar mandi berukuran kecil atau besar selama memasukkan elemen, warna, dan material yang tepat untuk gaya ini.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/16/140000476/6-tips-mendesain-kamar-mandi-bergaya-industrial

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke