Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Menata Kamar Tidur Kecil agar Tidak Mudah Berantakan

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda memiliki kamar tidur kecil atau kamar tidur sempit, pasti akan tidak nyaman jika kamar tidur dalam kondisi berantakan dan penuh sesak dengan barang.

Terkait penataan kamar tidur kecil, keterbatasan ruang bisa menyulitkan untuk menjaga kondisi tetap rapi. Akan tetapi, ini sebenarnya bukan masalah besar.

Anda hanya membutuhkan kreativitas dalam menata kamar tidur kecil.

Dikutip dari The Spruce, Senin (16/5/2022), berikut beberapa cara menata kamar tidur kecil agar tidak mudah berantakan.

1. Pola pikir minimalis

Jika Anda memiliki kamar tidur kecil, gunakan pendekatan minimalis. Hanya masukkan barang-barang yang penting di kamar tidu Anda.

Yang benar-benar Anda butuhkan di kamar tidur selain tempat tidur kemungkinan besar adalah meja samping tempat tidur alias meja nakas dan tempat untuk menyimpan pakaian.

Anda dapat menggunakan furnitur multifungsi, seperti menggunakan meja rias di samping tempat tidur sekaligus meja nakas dan tempat menyimpan aksesoris.

2. Jaga meja nakas tetap bersih

Di kamar tidur kecil dengan furnitur minimal, mudah untuk menciptakan kondisi berantakan dengan menumpuk berbagai barang di meja nakas. Untuk menghindarinya, gunakan nakas dengan laci untuk penyimpanan tersembunyi.

Batasi ruang permukaan hanya untuk dua atau tiga benda, mungkin lampu, sekotak tisu, dan piring kecil untuk menyimpan perhiasan.


Anda bahkan dapat memasang lampu di dinding di samping tempat tidur untuk mengosongkan ruang meja nakas.

3. Penyimpanan di bawah tempat tidur

Jika tempat tidur Anda memungkinkan untuk penyimpanan di bawahnya, ini adalah tempat yang bagus untuk menyimpan pakaian yang jarang dikenakan.

Ini akan membantu merapikan lantai dan lemari. Pastikan untuk menjaga ruang di bawah tempat tidur rapi dan bebas dari debu.

Pertimbangkan untuk menggunakan kotak penyimpanan plastik lebar dan datar dengan penutup untuk menjaga semuanya tetap bersih dan tersortir.

Selain pakaian, beberapa barang lain yang perlu dipertimbangkan untuk disimpan di bawah tempat tidur termasuk koper, mainan, seprai, dan buku.

4. Jadwalkan rutinitas merapikan kamar tidur

Setelah Anda membersihkan semua furnitur dan barang-barang yang tidak perlu dari kamar tidur, kegiatan menata dan merapikan masih belum berakhir.

Semakin kecil ruangan, semakin cepat menjadi berantakan, bahkan jika Anda tidak memiliki banyak barang untuk memulai. Jadi, penting untuk menetapkan rutinitas merapikan kamar tidur. Rapikan kamar tidur setidaknya seminggu sekali. Singkirkan pakaian kotor dan bereskan barang-barang yang berantakan dan harus dibuang.

5. Penyimpanan vertikal

Kamar tidur kecil biasanya memiliki lemari kecil dan sedikit ruang penyimpanan lainnya, jadi Anda harus sedikit kreatif dengan cara menyimpan barang.


Manfaatkan ruang vertikal dengan menggunakan rak, gantung organizer, dan barang sejenis lainnya. Jika Anda belum memiliki rak di atas bilah pakaian di lemari, pertimbangkan untuk menambahkannya untuk penyimpanan pakaian yang dilipat.

Anda bahkan dapat memasang pengait ke bagian belakang lemari dan pintu kamar untuk penyimpanan gantung yang lebih banyak.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/16/071300776/5-cara-menata-kamar-tidur-kecil-agar-tidak-mudah-berantakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke