Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kapan Peralatan Membuat Kue Perlu Diganti?

JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi yang sering beraktivitas di dapur, seperti memasak atau membuat kue, mungkin ada beberapa peralatan dapur yang memiliki kenangan tersendiri karena sudah memiliknya sejak lama.

Mungkin ada blender yang dihadiahi oleh orang tua, mug keramik sebagai hadiah ulang tahun, atau berbagai macam peralatan membuat kue dari saudara terdekat.

Kamu pun jadi sering menggunakannya guna mengapresiasi pemberian dari orang-orang tersayang. Akan tetapi, untuk peralatan membuat kue, tidak selamanya mereka terus digunakan.

Mereka sama seperti bahan makanan karena memiliki usia penggunaan. Seiring berjalannya waktu, kamu dapat merasakan kualitas penggunaannya yang mulai menurun.

Certified Executive Pastry Chef sekaligus Senior Instructor and Associate Professor di Johnson & Wales University, Rhonda Stewart, mengatakan bahwa kualitas peralatan memengaruhi hasil akhir kue.

“Keberhasilan kue yang sudah jadi bergantung pada jumlah komponen dan proses pembuatannya, bahan-bahan yang sangat baik, oven yang bekerja dengan baik, formula yang baik, dan tentunya peralatan membuat kue yang berkualitas,” jelas Stewart.

Dengan demikian, ada kalanya kamu harus mengganti peralatan membuat kue jika mereka sudah tidak bisa bekerja dengan optimal, seperti disadur Martha Stewart, Sabtu (30/4/2022).

Nah, kapan seseorang harus mengganti peralatan membuat kue? Apakah ada standar ukuran waktu yang diterapkan untuk seluruh peralatan membuat kue, terlepas dari materialnya?


 

1. Loyang

Penggantian loyang tergantung dari materialnya, seberapa sering mereka digunakan, dan bagaimana mereka dicuci. Stewart menekankan, deretan faktor ini dapat bervariasi antara merek.

Namun, kamu perlu melakukan pemeriksaan tahunan pada loyang. Untuk loyang antilengket, kamu perlu menggantinya jika permukaannya lengket atau tidak rata.

Jika ingin membeli yang baru dan memiliki bujet yang cukup, pilih loyang keramik.

“Loyang berkualitas lebih rendah, bahkan antilengket, juga dapat melengkung jika tidak dirancang untuk suhu pemanggangan yang tinggi,” kata Stewart.

  • Tambahkan alas loyang

Apabila kondisi loyang masih bagus, beli alas loyang silikon (silicone baking mat) untuk memperpanjang usia loyang.

“Kami menggunakan alas loyang silikon untuk membuat kue karena mereka tahan lama. Kami menggantinya setiap satu hingga dua tahun karena tepiannya tercabik, atau ada robekan seiring waktu,” kata pembuat roti profesional sekaligs pemilik BReD, yakni Ed dan Natasha Tatton.

Para Tatton melanjutkan, jika alas loyang silikon tidak digosok dengan benar, mereka dapat memiliki lapisan residu yang tebal dan sulit dihilangkan. Walhasil, kamu akan lebih sering menggantinya.

Untuk panci kue (cake pan), kamu perlu menggantinya jika bagian bawahnya sudah cembung. Jika ingin membeli yang baru, perlu diketahui bahwa mereka sama seperti loyang. Material yang lebih berat dan lebih berkualitas akan bertahan lebih lama.

Setelah membeli panci kue baru, Stewart menyarankan, untuk menjaga kebersihannya agar tidak ada sisa kue yang masih menempel.


3. Cetakan muffin

Cetakan muffin (muffin tin) dengan kualitas baik dapat bertahan setidaknya empat atau lima tahun, meski kamu menggunakannya dua hingga tiga kali dalam sebulan. Apabila ada noda karat pada permukaan cetakan, sebaiknya kamu segera membuangnya.

Adapun noda karat dapat muncul jika kamu tidak membersihkan dan mengeringkan cetakan muffin dengan benar.

Upaya lain untuk menjaga kualitas cetakan muffin adalah dengan melapisi setiap lubang dengan wadah kertas khusus untuk muffin (paper muffin cup).

Loyang kaca (glass baking dishes) berbeda dengan loyang pada umumnya. Mereka memiliki bentuk yang mirip dengan wadah khusus hidangan kaserol. Tepiannya pun lebih tinggi dari loyang biasa.

“Loyang kaca yang digunakan untuk apa pun, mulai dari kue lemon hingga kentang panggang, dapat bertahan hingga bertahun-tahun,” tutur Stewart.

Apabila terlihat adanya retakan atau bagian kecil yang tercungkil, ada baiknya kamu segera menggantinya guna meminimalisir risiko loyang kaca pecah.

Panci tart yang bisa dilepas dan panci cheesecake

Untuk panci tart yang bagian bawahnya bisa dilepas dan panci cheesecake, mereka dapat dengan mudah memiliki noda karat jika materialnya bukan stainless steel atau antilengket.

“Indikasi apa pun terkait karat atau korosi yang terlihat menandakan bahwa kamu perlu menggantinya dengan yang baru,” ujar Stewart.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/04/30/220700676/kapan-peralatan-membuat-kue-perlu-diganti-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke