Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Ini 7 Ide Mendesain Kamar Mandi Ramah Anak

Sama dengan ruang keluarga dan kamar tidur, kamar mandi juga harus didesain ramah anak. Hal ini mengingat kamar mandi merupakan ruang yang "rawan" di rumah, terutama untuk anak-anak.  

Pasalnya, di kamar mandi, anak bisa berisiko tergelincir, bahkan terjatuh. Karena itu, penting mendesain kamar mandi ramah anak sehingga si kecil aman saat berada di kamar mandi.

Selain faktor keselamatan, kunci keberhasilan mendesain kamar mandi ramah anak adalah memastikannya menarik, praktis, fungsional, serta memudahkan si kecil. 

Dilansir dari Roohome, Senin (25/4/2022), berikut ini ide mendesain kamar mandi ramah anak. 

Tema ini bersifat timeless sehingga tetap cocok saat anak beranjak besar dan bila Anda berencana memiliki lebih banyak anak pada masa depan. Namun, jika ini adalah kamar mandi bersama, gabungkan desain ramah anak yang halus. 

Pasang ubin antiselip

Memasang ubin antiselip tidak hanya bermanfaat untuk anak-anak, tapi juga semua orang yang ada di rumah. Ubin antiselip dapat mencegah terjadinya kecelakaan dan cedera di kamar mandi.

Selain aman, ubin antiselip juga minim perawatan. Cara membersihkannya juga mudah karena hanya membutuhkan sapu dan pel.

Ada banyak desain ubin antiselip untuk dipilih, termasuk potongan tradisional hingga kontemporer. Pilih yang sesuai dengan preferensi anak-anak atau tema pilihan Anda. Ubin ini dapat bertahan selama bertahun-tahun dan tahan terhadap keausan. 

Berbeda dengan keset lantai tradisional yang dicuci dengan sabun dan air, membersihkan keset antiselip hanya perlu menyedot debunya. 

Gunakan keran air yang di tarik ke bawah

Untuk keran air, sebaiknya menggunakan keran yang ditarik ke bawah untuk wastafel, shower, dan bak mandi. Ini akan memudahkan anak-anak untuk mencapai wastafel.

Selain itu, Anda dapat memutarnya ke samping ketika anak-anak mandi di bak mandi untuk mencegah kepala anak terbentur ke keran air. 

Namun, jika tidak ingin menyesuaikan ketinggiannya, letakkan bangku anak tangga di kamar mandi. Tangga kayu direkomendasikan untuk penggunaan jangka panjang dan daya tahan.

Apabila tidak suka menambahkan tangga, pasang tangga tarik rahasia yang dapat diletakkan di kabinet tempat wastafel berada. 

Selain itu, menambahkan keran air perpanjangan ke wastafel sehingga tidak perlu membawa anak setiap kali mereka mencuci tangan. 

Dengan wastafel besar, Anda dan anak dapat menggunakan karain air secara bersamaan. Ini sangat berguna ketika anak-anak terlambat ke sekolah dan mereka harus segera mencuci muka atau menggosok gigi.

Selain itu, pastikan anak dapat mengambil perlengkapan mandi dengan mudah di wastafel. Tempatkan juga rak terbuka di bawah wastafel sehingga anak-anak dapat melihat dan mengambil apa yang dibutuhkan dengan mudah.

Ingatlah untuk menyembunyikan pembersih kamar mandi dan obat-obatan dari jangkauan anak-anak. Sebaiknya, menyimpannya di lemari tinggi atau menguncinya di lemari penyimpanan untuk keamanan. 

Hiasi dinding kamar mandi

Hidupkan dinding kamar mandi yang kosong dengan stiker yang menyenangkan. Bisa pula menambahkan pengait untuk meletakkan handuk mereka setelah digunakan. Gunakan pengait yang sesuai dengan desain kamar mandi seperti kepala hewan untuk kamar mandi bertema hutan hujan.

Namun, jika interiornya minimalis, gunakan inisialnya sebagai gantungan handuk. Anda juga bisa memasang tanda peringatan di kamar mandi untuk mengingatkan anak agar tidak membuang air atau menyiram toilet.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/04/25/124500976/simak-ini-7-ide-mendesain-kamar-mandi-ramah-anak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke