Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hati-hati, Ini 5 Penyebab Mesin Pencuci Piring Kebakaran

Untuk menggunakannya sangat mudah, kamu hanya perlu mengisi wadah sabun  ke dalam mesin, memasukkan peralatan dapur yang hendak dibersihkan, lalu atur siklus pencucian dan pembilasannya.

Namun, sama dengan peralatan elektronik lainnya, mesin pencuci piring dapat menyebabkan kebakaran rumah.

Disadur dari Kitchen Cuddle, Kamis (21/4/2022), hal ini karena mesin pencuci piring menggunakan papan elektronik, kabel listrik, elemen pemanas, dan air untuk bekerja.

Berkaitan dengan hal ini, berikut ini beragam penyebab mesin pencuci piring kebakaran. 

Kebanyakan insiden kebakaran yang disebabkan mesin pencuci piring terjadi karena kesalahan desain atau manufaktur seperti kabel rusak.

Kabel listrik yang bekerja di bagian bawah mesin dapat menyebabkan korsleting. Kerusakan ini dapat memunculkan bau plastik terbakar dari mesin pencuci piring.

Kabel listrik yang aus

Kabel listrik yang aus dapat menjadi bahaya serius jika sebagian isolasinya lepas. Kabel ini berpotensi membuat kamu tersengat listrik serta menghasilkan percikan api ke benda yang mudah terbakar di dekatnya.

Pada akhirnya, mesin pencuci piring menjadi penyebab kebakaran rumah. Jika ada kabel listrik yang berjumbai, segera atasi menggunakan jasa profesional. 

Perawatan rutin sangat penting dilakukan mesin pencuci piring seperti membersihkan filter untuk menghilangkan lemak dan remah makanan yang tersangkut.

Selain itu, mengurangi kemungkinan residu terbakar selama siklus panas kering. Lakukan perawatan setidaknya sebulan sekali. 

Gunakan cuka dan baking soda atau pembersih komersial untuk membersihkan mesin pencuci piring.

Jika ada kebocoran, segera perbaiki. Air yang keluar dari mesin pencuci piring dapat menyebabkan kebakaran listrik jika mengenai kabel mesin atau peralatan elektronik di sekitarnya.

Jangan menaruh terlalu banyak peralatan makan ke dalam mesin pencuci piring saat mencucinya. Ini tidak hanya memberikan hasil buruk, tetapi juga perlu menjalankan kembali siklus pencucian sehingga menyebabkan panas berlebih.

Hal ini karena elemen pemanas bekerja lebih lama serta tanpa waktu istirahat yang cukup lama di antara beban cucian.

Menaruh kabel listrik di bawah karpet juga tidak disarankan karena dapat membuat kabel mesin pencuci piring aus dan lebih cepat rusak.

Selain itu, karpet mudah terbakar sehingga bisa menyebabkan kebakaran. Hindari juga menggunakan kabel ekstensi sebagai sambungan permanen.

Sebaiknya, mesin pencuci piring dicolokkan ke stopkontak dinding. Namun, periksa kembali untuk memastikan stopkontak dinding sesuai dengan beban listrik mesin pencuci piring. 

Menyala tanpa diawasi

Mesin pencuci piringdapat bekerja dan berhenti secara otomatis, tetapi ini bukan alasan bahwa kamu dapat membiarkannya bekerja tanpa pengawasan.

Tidak ada yang tahu kapan mesin pencuci piring tidak berfungsi dan mulai kepanasan sehingga akan menyebabkan kerusakan lebih parah. Jadi, tetap awasi mesin pencuci piring selama bekerja atau digunakan. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/04/21/161400776/hati-hati-ini-5-penyebab-mesin-pencuci-piring-kebakaran

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke