Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Ini Cara Merawat dan Membersihkan Wajan Baja Karbon

Material ini secara umum antilengket sehingga dapat membuat proses mambakar daging atau makanan laut pada suhu tinggi dapat berjalan dengan lancar.

Nilai plus lainnya dari peralatan masak berbahan baja karbon adalah miliki bobot yang ringan seperti diungkapkanPresiden dan Co-founder Made In, Jake Kalick, dalam Martha Stewart, Rabu (13/4/2022).

Baja karbon mirip dengan besi cor karena mampu menerima suhu panas yang tinggi serta mengembangkan patina antilengket alami seiring berjalannya waktu.

Selain itu, baja karbon relatif ringan dan cepat panas sehingga bisa digunakan untuk memasak apa pun.

“Satu-satunya yang perlu diperhatikan adalah bahan asam. Kamu dapat menambahkan beberapa tomat di baja karbon, tetapi bukan tempat ideal untuk membuat saus berbasis cuka atau jeruk. Ini akan menghilangkan bumbunya,” jelas Kalick.

  • Perawatan

Untuk merawat baja karbon, bumbui dulu semua permukaan wajannya. Kalick menyarankan membumbui wajan baja karbon dengan minyak, lalu paparkan ke suhu panas untuk menciptakan reaksi terpolimerisasi.

Kamu bisa melakukannya di dalam oven atau di atas kompor. Adapun reaksi terpolimerisasi memungkinkan minyak mengisi pori-pori wajan untuk menciptakan permukaan yang halus.

  • Pembersihan

Untuk membersihkan wajan baja karbon, seka semua sisa makanan yang menempel dengan tisu atau kain lap.

Jika residunya sulit dihilangkan, rebus air menggunakan wajan tersebut untuk melonggarkan makanan sebelum mengikisnya dengan spatula logam.

Untuk wajan yang sangat kotor, gosok dengan sekitar secangkir garam kosher dan bilas dengan air panas.

Namun, wajan baja karbon perlu dibumbui kembali sebelum digunakan. Pembumbuan perlu menggunakan sedikit minyak yang dipanaskan pada wajan. 

“Lalu, biarkan minyak berasap, kemudian biarkan mereka mendingin sampai warna wajan menjadi gelap,” kata Kalick. 

Untuk produk pembersih, kamu bisa membersihkan wajan baja karbon  menggunakan wol baja serta pasta yang terbuat dari campuran baking soda dan cuka guna menghilangkan noda karat. 

Perlu dicatat, wol baja bersifat abrasif sehingga mampu menghilangkan lapisan bumbu. Karena itu, ujar Kalick, bumbui kembali wajan baja karbon setelah menghilangkan noda karat.

Kemudian, hindari menggunakan sabun cuci piring karena tidak cocok dengan material wajan. 

“Sabun cuci piring akan menghilangkan bumbu sepenuhnya dan mungkin meninggalkan residu,” ucap Kalick.

Jangan pula memasukkan wajan baja karbon ke mesin pencuci piring. Sering kali, detergen mesin cuci piring terlalu abrasif.

Ditambah, mesin pencuci piring dapat membuat wajan besi karbon menjadi tergores atau penyok oleh peralatan masak lainnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/04/13/145000076/simak-ini-cara-merawat-dan-membersihkan-wajan-baja-karbon

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke