Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mencuci Selimut Fleece agar Tetap Lembut dan Halus

JAKARTA, KOMPAS.com - Selimut fleece kini banyak digunakan dan dijual di pasaran karena teksturnya yang lembut dan menghangatkan. Akan tetapi, mencuci selimut fleece harus dilakukan dengan cermat agar tetap segar, bersih, dan lembut saat digunakan dan disimpan.

Dilansir Homes & Gardens, Selasa (5/4/2022), bahan fleece alami terbuat dari campuran wol dan kapas asli menjadikannya sangat lembut.

Adapun bahan fleece sintetis terbuat dari campuran serat seperti poliester, memiliki tekstur yang sangat mirip dengan fleece alami, tetapi hemat biaya dan karena itu lebih banyak tersedia. Karena serat buatannya, fleece sintetis dapat membuat ikatan statis, sehingga menarik bulu hewan peliharaan dan alergen.

Selalu perhatikan petunjuk pencucian pada label untuk memastikan Anda mencuci selimut fleece dengan benar agar tetap lembut, halus, dan segar.

Cara mencuci selimut fleece di mesin cuci

Umumnya, mencuci selimut fleece di mesin cuci dapat diterima. Akan tetapi, ada baiknya memeriksa label untuk petunjuk khusus pencucian.

"'Pastikan Anda mengenali noda terlebih dahulu," saran Lucy Searle, pemimpin redaksi global Homes & Gardens.

"Air dingin juga penting dan pastikan Anda tidak menggunakan deterjen berlebihan," imbuh dia.

Sebelum Anda memasukkan selimut fleece ke dalam mesin cuci, gulung selimut bulu untuk menangkap potongan bulu atau kotoran yang lebih besar. Ini akan membantu menjaga mesin cuci bersih dari serat apa pun.

Juru bicara Proctor & Gamble mengimbau agar berhati-hati saat mencuci.

"Pastikan Anda mencuci fleece dengan siklus lembut pada pengaturan dingin dan, ingat, terkadang pewarna memerlukan penanganan dan perawatan khusus," ujarnya.


Adapun Sophie Lane, manajer pelatihan produk di Miele menjelaskan, untuk mempertahankan tampilan dan nuansa bulu yang lembut, ia merekomendasikan mencuci dengan siklus yang halus.

Deterjen yang digunakan untuk mencuci selimut fleece

Pastikan untuk menggunakan deterjen cucian yang lembut, tanpa bahan kimia atau formula yang kuat untuk mencuci bahan fleece.

Namun, hindari menggunakan pelembut kain, karena dapat menempel pada serat dan membebaninya, mengurangi tekstur halus dan lembut pada selimut.

Cara menghilangkan noda pada selimut fleece

Sangat penting untuk mengatasi noda yang sulit sebelum mencuci selimut fleece di mesin cuci. Rawat dengan produk pembersih noda, sabun dan air, atau sedikit sabun cuci piring.

Oleskan dengan lembut ke area noda untuk membantu mengangkat noda sebanyak mungkin dan biarkan selama 10 menit.

Seberapa sering harus mencuci selimut fleece?

Selimut fleece sebenarnya tidak memerlukan frekuensi yang cukup sering. Pedoman umum adalah setiap beberapa bulan sekali.

Namun, jika Anda memiliki hewan peliharaan, ada baiknya mencuci selimut fleece lebih sering, setidaknya sebulan sekali. Bahan fleece sintetis yang terbuat dari poliester dan serat plastik dapat melepaskan serat mikro ke dalam mesin cuci, jadi cucilah sesering mungkin.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/04/05/040000176/cara-mencuci-selimut-fleece-agar-tetap-lembut-dan-halus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke