Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Merenovasi Loteng Rumah? Pertimbangkan 4 Hal Ini Terlebih Dulu

Padahal, ruangan ini bisa menjadi ruang tambahan sempurna yang bisa diubah menjadi ruang fungsional seperti kamar tidur, ruang santai atau hiburan, dan ruang menonton.  

Berdasarkan lokasinya di rumah, loteng menampilkan dimensi yang tidak biasa, yang dapat mempengaruhi desain.

Dari bentuk hingga kemiringan yang menarik, loteng membuat ruangan unik yang bisa diubah menjadi apa pun yang Anda inginkan.

Dengan sedikit pengerjaan dan perhatian terhadap detail, loteng bisa menjadi ruangan impian. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum merenovasi loteng. 

Dikutip dari My Decorative, Kamis (24/3/2022), berikut ini hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum merenovasi loteng. 

Padahal, beberapa aspek harus dibawa ke loteng seperti memiliki dua titik keluar (jendela dan pintu), persyaratan lantai, plafon minimum.

Selain itu, banyak loteng tidak memiliki akses yang tepat seperti tangga yang cepat usang dan tidak sesuai dengan kode.

Kode standar mensyaratkan bahwa tangga menuju loteng harus mempunyai lebar minimal 90 sentimeter dengan tapak dalam 24 sentimeter. 

HVAC, plumbing, dan listrik

Tidak banyak pemikiran yang masuk ke heating atau pemanas, ventilation atau ventilasi, dan air-conditioning atau AC (HVAC) saat merenovasi loteng karena ruang ini biasanya tidak digunakan sebagai ruang penyimpanan.

Listrik, pipa ledeng, pemanas, dan pendingin perlu diperluas ke loteng untuk menjadikannya ruangan yang layak huni serta memberi kenyamanan. 

Ini berarti Anda perlu berkonsultasi dengan ahli listrik guna menentukan kebutuhan listrik, tukang ledeng untuk menjalankan pipa, dan spesialis HVAC untuk menentukan cara mengkonfigurasi ulang udara. 

Tanpa isolasi loteng akan terasa semakin dingin saat musim dingin dan terasa sangat panas ketika musim panas. 

Untuk menjaga suhu di loteng, gunakan insulasi R-30 untuk plafon dan R-13 untuk dinding, minimal. 

Biaya

Jika beberapa bagian kunci sudah ada di tempatnya seperti isolasi dan spesifikasi kode, biaya merenovasi loteng akan berkurang.

Namun, Anda harus merencanakan hal-hal yang diketahui dan tidak. Anda harus menyisihkan uang untuk menangani keadaan darurat seperti dana “berjaga-jaga”. 

Merenovasi loteng adalah pekerjaan besar, tetapi hasilnya akan menjadi ruangan fungsional yang akan disukai seluruh keluarga. 

Pertimbangkan menggunakan jasa seorang profesional ke dalam proyek merenovasi loteng untuk hasil sempurna. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/03/24/120000176/ingin-merenovasi-loteng-rumah-pertimbangkan-4-hal-ini-terlebih-dulu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke