Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menghilangkan Bau Daging Busuk yang Mengganggu di Dalam Rumah

Bau dari daging busuk adalah salah satu yang terburuk, yang terkadang baunya bisa tetap ada meskipun kamu telah menyingkirkan penyebabnya.

Untuk menghilangkan bau daging busuk yang membuat rumah tak nyaman, buka jendela, singkirkan sumber bau busuk, lalu bersihkan area tersebut secara menyeluruh, dan sertakan bahan penyerap bau seperti soda kue atau cuka.

Dilansir dari Hunker, Selasa (22/3/2022), berikut ini cara menghilangkan bau daging busuk yang mengganggu di dalam rumah.

Setelah itu, keluarkan daging busuk dan masukkan ke dalam kantong plastik, tutup rapat atau ikat kantong plastik.

Kemudian bungkus lagi kantong plastik dengan kantong plastik baru sebelum membuangnya ke tempat sampah di luar ruangan bersama dengan makanan busuk lainnya.

Keluarkan semua isi yang ada di dalam freezer, ini termasuk cetakan es batu dan kotak penyimpanan.

Rendam cetakan es batu dan kotak penyimpanan dalam air sabun hangat yang mengandung sedikit soda kue atau cuka putih.

Bersihkan bagian dalam freezer, serta segel karet di sekitar pintu freezer dengan satu sendok makan soda kue per cangkir air hangat.


Biarkan pintu freezer terbuka selama satu atau dua hari untuk mengeluarkan bau yang terperangkap.

Jika freezer masih sedikit berbau saat kamu menyalakannya kembali, letakkan arang aktif (activated charcoal) dalam mangkuk kecil di dalam freezer selama beberapa hari untuk menyerap bau yang tertinggal.

Soda kue maupun bubuk kopi yang ditempatkan di freezer juga akan menyerap bau. Ganti penyerap bau setiap satu atau dua hari, setelah baunya kurang segar.

Tulang ayam atau potongan daging mentah yang dibuang ke tempat sampah dapur dapat mengeluarkan bau daging busuk yang menyebar ke dapur atau seluruh rumah.

Ketika ini terjadi, buka jendela dan segera singkirkan sumber bau dengan memasukkannya ke dalam kantong, menutup kantong, dan membuangnya ke tempat sampah luar ruangan.

Jika tempat sampah dapur berbau busuk, bawa juga ke luar ruangan dan bilas dengan selang, lalu isi dengan beberapa inci air dan secangkir atau lebih cuka putih.

Biarkan tempat sampah dapur diletakkan di luar ruangan selama beberapa jam, yang mana sinar matahari dan udara segar akan membantu menghilangkan bau busuk.

Untuk bau yang sangat kuat di rumah, bahkan setelah kamu membuang daging busuk, letakkan kipas angin di satu jendela untuk menarik udara segar masuk.

Tempatkan kipas angin lain di jendela di sisi berlawanan dari rumah untuk mendorong udara keluar.

Mangkuk cuka membantu menghilangkan bau yang tertinggal di udara, bau cuka hilang segera setelah kamu membuang cairan ke saluran pembuangan.

Soda kue juga berfungsi saat dibiarkan dalam mangkuk atau ditaburkan di permukaan daging busuk berada sebelumnya.

Bersihkan secara menyeluruh area di mana kamu menemukan daging yang bau jika tidak dimasukkan ke tempat sampah.

Cuci piring yang menampung daging, lalu bersihkan piring menggunakan satu sendok makan pemutih klorin per galon air (4,546 liter).


Gunakan larutan pemutih yang sama untuk membersihkan meja yang aman dari pemutih, atau gunakan sebagai rendaman untuk tempat sampah yang bau setelah menampung daging yang busuk.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/03/22/141900876/cara-menghilangkan-bau-daging-busuk-yang-mengganggu-di-dalam-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke