Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Ras Anjing yang Tidak Punya Bulu, Penampilannya Unik

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu ciri yang paling menonjol tentang anjing adalah bulunya. Anjing bisa memiliki bulu keriting, lurus, lebat, tipis, panjang, maupun pendek.

Akan tetapi, ada juga ras anjing yang tidak punya bulu. Dikutip dari The Spruce Pets, Senin (14/3/2022), ras anjing yang relatif langka ini membawa gen yang menyebabkan mereka benar-benar tidak berbulu atau memiliki sedikit saja bulu.

Beberapa dari ras anjing ini terkait erat, sementara yang lain memiliki asal yang benar-benar berbeda. Kebanyakan ras anjing yang tidak berbulu cenderung cukup suka diemong dan suka meringkuk di dekat pemiliknya untuk kehangatan.

Anjing yang tidak berbulu tetap membutuhkan perawatan untuk menjaga kesehatan kulitnya. Anda perlu memandikan anjing secara teratur untuk membersihkan kulitnya, dan oleskan pelembap yang aman untuk kulit anjing sesuai kebutuhan.

Selain itu, pastikan untuk melindungi kulit anjing dari sengatan matahari dan cuaca dingin.

Berikut beberapa ras anjing yang tidak punya bulu.

1. American Hairless Terrier

American hairless terrier adalah keturunan dari ras anjing rat terrier. Mulai tahun 1970-an, rat terrier dibiakkan secara selektif agar tidak berbulu.

Sementara beberapa anjing American hairless terrier masih dilahirkan dengan bulu tipis, mereka kebanyakan memiliki sifat tidak berbulu. Anjing-anjing ini cenderung cukup pintar, aktif, dan suka bermain.

Mereka menjadi anjing keluarga yang baik dan memiliki dorongan mangsa yang tinggi untuk hewan pengerat seperti tikus.

2. Chinese Crested

Anjing Chinese Crested hadir dalam dua jenis, yakni tidak berbulu dan powderpuff. Jenis tidak berbulu memiliki jumbai berbulu halus di kepala, telinga, cakar, dan ekor, namun jumlah bulu dapat bervariasi di antara anjing.

Adapun jenis powderpuff memiliki lapisan ganda yang panjang dan lembut di seluruh tubuhnya. Jenis yang tidak berbulu dan powderpuff dapat berasal dari indukan yang sama.

Anjing-anjing ini cenderung sangat penyayang dan suka diemong, meskipun juga memiliki sisi enerjik dan menyenangkan.

3. Xoloitzcuintli

Xoloitzcuintli, juga dikenal sebagai anjing Mexican hairless, hadir dalam jenis tidak berbulu dan berbulu pendek. Kedua jenis ini memiliki perawatan yang sangat rendah, meskipun perlindungan kulit adalah suatu keharusan.

Xoloitzcuintli adalah ras anjing Aztec kuno yang berusia ribuan tahun. Anjing ini cenderung setia dan waspada, membuatnya dapat diandalkan sebagai anjing penjaga yang sangat baik.

Meskipun dapat menjadi pelindung bila diperlukan, ras anjing ini juga dikenal karena sifatnya yang tenang.

4. Peruvian Inca Orchid

Ras anjing ini berasal dari Peru kuno, di mana sebagian besar dipelihara sebagai anjing pendamping. Anjing-anjing ini cenderung sangat penyayang dan protektif terhadap keluarga mereka, dan dapat mengalami kecemasan perpisahan saat ditinggalkan sendirian.

Anjing ini juga adalah anjing kecil atletis yang membutuhkan sedikit latihan untuk membuatnya lelah.

Kebanyakan anjing Peruvian Inca Orchid sama sekali tidak berbulu, meskipun beberapa dapat memiliki bulu pendek di kepala, cakar, dan ujung ekornya.


5. Argentine Pila Dog

Berkerabat dekat dengan Peruvian Inca Orchid, anjing Argentine Pila adalah jenis anjing tidak berbulu yang disukai karena kulitnya yang lembut.

Ras anjing langka ini hadir dalam tiga kategori ukuran dan terutama ditemukan di negara asalnya, Argentina. Anjing ini cenderung penuh kasih sayang, menyenangkan, dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Meskipun sebagian besar tidak berbulu, beberapa anjing ini memiliki jumbai bulu kecil di bagian atas kepala dan ekornya.

6. Abyssinian Sand Terrier

Jika Anda mencari anjing yang dapat menjadi teman berolahraga dengan temperamen yang tenang, anjing ini adalah anjing yang cocok untuk Anda.

Ras yang sangat langka ini juga dikenal dengan nama anjing African hairless dog.

Ini adalah anjing berukuran kecil hingga sedang dengan tubuh yang panjang dan ramping. Beberapa anjing ras ini sama sekali tidak berbulu, sementara yang lain memiliki jumbai rambut kecil di bagian atas kepala dan ujung ekor.

7. Hairless Khala

Hairless Khala, juga dikenal sebagai anjing Bolivian Hairless, adalah jenis anjing tidak berbulu langka yang berasal dari Bolivia. Mereka terlihat sangat mirip dengan Xoloitzcuintli dan kemungkinan memiliki nenek moyang yang sama.

Anjing ini mencintai pemiliknya dan tanpa rasa takut akan melindungi mereka, jadi pelatihan adalah suatu keharusan untuk menjaga mereka tetap ramah dengan orang-orang di luar rumah.

Seperti ras tidak berbulu lainnya, beberapa anjing ini memiliki jumbai rambut kecil, terutama di kepala mereka.


8. Jonangi

Anjing Jonangi berasal dari India, tempat mereka dibiakkan sebagai anjing penggembala dan pemburu. Ras anjing ini cukup langka saat ini.

Jonangi cenderung waspada di sekitar orang asing, tetapi sangat ramah terhadap orang yang mereka kenal, termasuk anak-anak dan hewan peliharaan lainnya di rumah.

Selain itu, Jonangi memiliki disposisi dan otot yang mirip dengan bull terrier, dan memiliki yodel yang khas, bukan gonggongan.

Banyak dari anjing ini tidak berbulu, tetapi memiliki bulu yang sangat pendek dan halus yang hampir tidak terlihat.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/03/14/124700776/8-ras-anjing-yang-tidak-punya-bulu-penampilannya-unik

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke