Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Studi Ungkap Ajak Anjing Peliharaan Jalan-jalan Bisa Hilangkan Stres

Hal terungkap dalam sebuah studi asal Jepang yang dilakukan Junko Akiyama dari Yamazaki University of Animal Health Technology dan Mitsuaki Ohta dari Tokyo University of Agriculture.

Disadur dari Daily Paws, Selasa (22/2/2022), Akiyama dan Ohta melakukan dua percobaan sampel kecil. Dalam penelitian tersebut, keduanya memeriksa 34 pasang pemilik anjing dan anjing peliharaan. 

Mereka melakukan evaluasi pada tingkat kortisol, oksitosin, dan neurologis sebelum para pemilik mengajak anjing jalan-jalan, 15-30 menit periode jalan-jalan, setelah jalan-jalan, dan 10 menit setelah jalan-jalan.

Kortisol merupakan hormon stres, sementara oksitosin adalah salah satu hormon yang membuat manusia memiliki perasaan baik—mirip seperti hormon dopamin dan endorfin.

Sementara itu, untuk anjing peliharaan, mereka tidak mengalami perubahan hormonal yang signifikan dalam penelitian tersebut.

Hal mengejutkan dalam penelitian Akiyama dan Ohta adalah hampir setengah dari responden pemilik anjing mengalami peningkatan asam gamma-aminobutirat—atau gamma-Aminobutyric acid (GABA). 

GABA adalah neurotransmitter yang membantu mengurangi rangsangan dalam sistem saraf otonom atau bagian yang mengontrol respons stres manusia. 

Peningkatan neurotransmitter ini terjadi setelah pemilik anjing berjalan-jalan dengan anjing peliharaannya, bukan dengan sekelompok orang yang berjalan sendirian.

Akiyama dan Ohta menyimpulkan, berjalan bersama anjing peliharaan tidak meningkatkan oksitosin atau kortisol saliva pada manusia.

“Tetapi, membatasi saraf noradrenergik otak melalui aktivitas GABA, (yang) menunjukkan penghilang stres."

https://www.kompas.com/homey/read/2022/02/22/163700176/studi-ungkap-ajak-anjing-peliharaan-jalan-jalan-bisa-hilangkan-stres-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke