Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Menjaga Sofa Putih Tetap Bersih dan Bebas Noda

Namun, menjaga sofa putih tetap bersih seperti baru bukanlah tugas yang mudah, karena sedikit paparan noda dapat merusak tampilannya secara keseluruhan.

Jika kamu mengagumi sofa putih dan sedang mempertimbangkan untuk membelinya, jangan khawatir tentang perawatan intensif yang diperlukan untuk menjaganya tetap bersih lebih lama.

Dilansir dari Planet Maids, Minggu (20/2/2022), berikut ini adalah beberapa tips berharga yang dapat membantumu mempertahankan sofa putih dalam bentuk terbaik untuk tahun-tahun mendatang.

Jika kamu ingin sofa putih milikmu terus mempertahankan tampilan selama beberapa tahun mendatang, siapkan segala cara untuk mencegah noda apa pun menempel ke permukaan sofa.

Tindakan pencegahan terbaik adalah menggunakan stain guard atau pelindung noda yang dapat mengurangi dampak negatif noda pada sofa putih.

Kamu dapat membeli pelindung noda dari toko serba ada, pembersih karpet profesional biasanya juga menawarkan layanan ini.

Mengambil langkah hati-hati ini akan memastikanmu terus menikmati manfaat memiliki sofa putih tanpa harus khawatir tentang noda.


Bertindak cepat saat terpapar noda

Pada suatu saat, kamu harus benar-benar mengatasi noda di sofa putih milikmu. Noda anggur merah mungkin muncul di sofa putihmu secara tidak sengaja dan seberapa cepat kamu bereaksi sangat menentukan.

Jika terjadi tumpahan di permukaan sofa putih, cepat bersihkan area yang bernoda menggunakan kain.

Dengan menggunakan kain yang berbeda, oleskan pasta pembersih ke area yang bernoda dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, bersihkan.

Sebagai alternatif, garam juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda anggur segar. Oleskan garam ke noda anggur dan bersihkan noda anggur dengan lembut.

Selain itu, tepung maizena juga bisa digunakan untuk menghilangkan lemak atau noda minyak yang membandel pada sofa putih.

Semakin cepat kamu bereaksi terhadap tumpahan cairan dan sebagainya, semakin rendah kemungkinan tumpahan itu menyebabkan lebih banyak kerusakan pada sofa putih milikmu.

Gunakan penghilang serat (lint roller)

Jika kamu memiliki hewan peliharaan, kemungkin besar bulu yang rontok terjatuh ke permukaan sofa.

Lint roller atau penghilang serat akan membantumu menyingkirkan segala macam serat maupun bulu di permukaan sofa.

Menggulungkan lint roller ke permukaan sofa adalah praktik perawatan harian yang membuat sofa milikmu terlihat menarik.

Tetapkan beberapa aturan

Mempertahankan kebersihan sofa putih membutuhkan dedikasi, sehingga sangat bijaksana untuk memiliki beberapa aturan.

Noda minyak, anggur, atau makanan sulit dihilangkan dari sofa putih, sehingga kamu tidak boleh membiarkan siapa pun untuk makan atau minum di atas sofa putih.

Sebab, kemungkinan terjadinya tumpahan cukup tinggi. Kamu juga harus melarang siapa pun meletakkan kaki di sofa untuk mencegah partikel debu menempel ke sofa.


Kamu juga harus mengajarkan hewan peliharaanmu untuk tidak duduk dan bersantai di atas sofa. Memiliki aturan yang demikian akan memastikan sofa putih milikmu tetap terawat dengan baik.

Lakukan pembersihan rutin

Meski kamu sudah melakukan tindakan pencegahan di atas, sofa putih milikmu perlu dibersihkan secara teratur. Sebab, partikel debu masih bisa menempel di permukaan sofa dari waktu ke waktu.

Jadi, kamu tidak akan bisa mengatakan bahwa sofa putih milikmu 100 persen bersih dan itulah mengapa pembersihan rutin diperlukan.

Kamu harus membersihkan sofa putih milikmu setidaknya tiga minggu sekali menggunakan pembersih noda dan pembersih sofa.

Kamu juga harus mencari layanan pembersihan sofa profesional setiap dua bulan sekali.

Pertimbangkan untuk menutupi permukaan sofa putih

Penutup kain plastik telah terbukti menjadi salah satu cara terbaik untuk menutupi permukaan sofa putih, sehingga melindunginya dari partikel debu dan bulu.

Jenis penutup ini menguntungkan karena juga dapat melindungi sofa putih milikmu dari paparan noda.

Dengan memanfaatkan penutup kain plastik, ini memastikan sofa putih milikmu tetap bagus seperti baru setiap saat.

Ketika kamu mendapatkan sarung pelindung untuk sofa putihmu, proses membersihkan noda, debu, kotoran, dan sebagainya menjadi lebih mudah.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/02/20/194500076/tips-menjaga-sofa-putih-tetap-bersih-dan-bebas-noda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke