Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Menghilangkan Noda Kuning Bekas Lem di Sepatu

JAKARTA, KOMPAS.com- Bekas lem yang menempel di sepatu seringkali mengering dan sulit untuk dibersihkan. Tentunya ini akan sangat mengganggu dan membuat tampilan menjadi kotor.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan sepatu dari noda lem yang menempel. Diantaranya adalah dengan menggunakan sabun atau deterjen, namun jika cara ini kurang efektif kamu bisa mencoba beberapa metode berikut ini.

Melansir dari Learn Methods, Rabu (16/2/2022), berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan noda lem pada sepatu.

Mengikis noda

Metode paling sederhana untuk menghilangkan noda lem yang menempel di sepatu adalah dengan cara mengikisnya.

Cara ini efektif untuk menghilangkan noda lem yang sudah cukup kering. Berikut ini langkah-langkah mengikis nodanya:

1. Gunakan sendok atau pisau kecil untuk mengikis lem yang menempel. Dengan mengikis menggunakan sendok atau pisau mentega, lem yang sudah kering akan mudah terangkat.Selanjutnya bersihkan sisa lem dengan kain dengan cara mengupas noda lem yang masih menempel di sepatu

2. JIka masih ada noda lem yang menempel, sebaiknya rendam sepatu didalam bak ataupun ember dengan menggunakan air dingin. Diamkan semalaman hingga noda lem akan melunak dan mudah untuk dikikis.

3. Setelah noda lem hilang, jemur sepatu hingga kering dengan sempurna.

Cara selanjutnya ialah dengan menggunakan pembersih enzim penghilang noda. Berikut ini proses membersihkan noda lem dengan menggunakan pembersih enzim.

Jika kamu tidak memiliki cairan pembersih enzim, kamu juga bisa menggunakan aseton dengan cara yang sama.

1. Untuk menghilangkan noda lem kamu bisa mengoleskan cairan pembersih enzim pada permukaan lem. Campurkan cairan pembersih dengan air lalu gunakan cairan ini untuk membersihkan noda lem.

2. Setelah kamu mengoleskan cairan pembersih enzim dan air dipermukaan lem, biarkan hingga cairan meresap dan membuat lem terkelupas.

3. Gunakan sikat gigi bekas lalu gosok permukaan sepatu yang terkena noda lem. Lakukan dengan lembut agar permukaan kain sepatu tidak rusak.

4. Setelah noda lem memudar, bilas sepatu dengan air bersih dan cuci seperti biasa.

Memanaskan noda lem

Cara lain untuk menghilangkan noda lem yang menempel di sepatu adalah dengan metode pemanasan atau heating. Berikut langkah-langkahnya:

1. Untuk memanaskan noda lem ada beberapa benda pemanas yang bisa kamu gunakan seperti alat pengering rambut.

2. Ambil sepatu dengan noda lem lalu arahkan pengering rambut di atas noda. Nyalakan pengering rambut lalu tunggu hingga lem mulai meleleh. Pastikan untuk tidak meletakkan pengering rambut terlalu dekat agar sepatu tidak terbakar.

3. Setelah lem sudah meleleh, gunakan kain bersih untuk mengangkat noda lem. Lakukan dengan lembut sehingga tidak merusak serat sepatu.

4. Selanjutnya lakukan pencucian sepatu seperti biasa dan keringkan ditempat yang terkena sinar matahari.

Menggunakan cuka

Cuka dipercaya sebagai bahan pembersih alami yang ampuh. Selain itu bahan ini juga dipercaya dapat mengikir noda lem dengan cepat.

1. Ambil sepatu yang terkena noda lem lalu lepaskan talinya.

2. Gunakan kain katun lalu rendam dalam cuka, lalu gunakan kain ini untuk membersihkan noda lem yang menempel di permukaan sepatu.

3. Gosok kain dengan lembut hingga noda lem terangkat. Hindari menggosok dengan terlalu kencang agar kain tidak rusak.

4. Biarkan hingga kering lalu gunakan pisau atau alat pengikis untuk mengikis noda lem yang masih menempel.

5. Kamu bisa mencuci sepatumu atau langsung menggunakannya kembali.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/02/16/174900676/4-cara-menghilangkan-noda-kuning-bekas-lem-di-sepatu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke