Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa yang Dimimpikan oleh Anjing Peliharaan Saat Tidur?

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika anjing sedang tertidur, mungkin kamu pernah melihat tubuh atau kaki mereka bergerak, seperti sedang mengejar atau bermain dengan sesuatu.

Melihat hal tersebut mungkin kamu mengira-ngira, apakah gerakan tersebut hanya efek dari otot tubuh yang sedang bekerja, atau mereka sedang mengigau karena memimpikan sesuatu yang menarik.

Disadur dari Science Focus, Senin (14/2/2022), ternyata anjing bisa bermimpi layaknya manusia. Para peneliti berspekulasi, hal ini lantaran mereka memproses peristiwa dari aktivitas yang terjadi pada hari itu.

Asisten peneliti Profesor Kenway Louie dan Profesor Matthew Wilson berasal dari Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Mereka mempelajari neuron di hippocampus tikus (rat), area pada otak yang melibatkan memori dan pembelajaran, untuk menyelidiki pola aktivitas saraf selama tidur REM.

Mereka menggunakan tugas perilaku untuk menghasilkan aktivitas otak yang berbeda selama periode yang lebih lama, seperti berlari pada jalur yang melingkar untuk dihadiahkan makanan.

Louie dan Wilson membandingkannya dengan episode tidur REM berikutnya untuk pola yang sama. Hasilnya, tikus mengingat pengalaman tertentu selama tertidur. Artinya, mereka pun bermimpi.

Para peneliti bahkan dapat mengetahui bagian mana dari jalur lari yang sedang dimimpikan oleh para tikus.


Hasil serupa juga terlihat pada tikus kecil (mice). Jadi, masuk akal untuk menyimpulkan bahwa anjing, bahkan seluruh mamalia, turut memiliki mimpi visual.

Siklus tidur anjing dan mimpi

Anjing memiliki waktu tidur setiap hari antara 12-14 jam. Tetapi, siklus tidurnya jauh lebih pendek dari manusia.

Manusia kemungkinan memiliki empat hingga enam siklus tidur 90 menit. Namun, anjing mengalami 15-20 siklus per malam.

Dokter Stanley Coren, seorang peneliti anjing dan penulis buku Do Dogs Dream?, menemukan, anjing yang lebih besar memiliki siklus tidur yang lebih panjang. Mereka mengalami mimpi baru setiap 90 menit.

Untuk anjing yang lebih kecil, mereka memiliki mimpi yang lebih pendek namun lebih sering bermimpi. Chihuahua, misalnya, mereka bermimpi setiap 10 menit.

Bentuk mimpi anjing peliharaan

Dunia mimpi bagi anjing kemungkinan terdiri dari elemen atau fragmen dari kehidupan nyata. Mereka saling terjalin dalam skenario yang campur aduk, dan kamu termasuk di dalamnya.

Pemilik anjing adalah bagian besar dari kehidupan mereka. Jadi, kegiatan seperti jalan-jalan, mengelus perut, menggaruk telinga, dan hadiah untuk perilaku baik ditampilkan dalam mimpi anjing peliharaan.

Ada anggapan bahwa anjing memiliki pandangan yang lebih redam dari manusia perihal warna. Jadi, ada asumsi bahwa hal ini tercermin dalam mimpi mereka.

Terkait periode mereka bermimpi, anjing juga melalui siklus tidur Rapid Eye Movement (REM) dan non-REM.

Selama periode REM, mereka mungkin akan mengalami mimpi yang paling jelas. Ini sama seperti manusia.


Anjing menggonggong saat tidur

Saat sedang mengigau, anjing tidak hanya menggerakkan kakinya. Terkadang, mereka akan mengibaskan ekor, merengek, menggeram, bahkan menggonggong.

Sering kali, perilaku yang dilakukan secara tidak sadar ini bahkan mengagetkan anjing peliharaan. Gonggongan anjing tidak selalu berarti bahwa mereka mengalami mimpi buruk.

Bisa saja mereka menggonggong pada sesuatu yang sering mereka gonggong saat terbangun pada siang hari. Sebab, menggonggong adalah bentuk anjing berkomunikasi.

Berbeda dengan manusia, mereka memiliki imajinasi yang tidak terlalu kreatif. Jadi, kecil kemungkinannya bagi anjing untuk mengalami mimpi buruk seperti manusia.

Akan tetapi, mereka dapat mengalami kembali kenangan traumatis, seperti waktu mandi. Jika khawatir anjingmu mengalami mimpi buruk, sebaiknya jangan dibangunkan.

Hal tersebut dapat mengganggu siklus tidur anjing dan tidur REM restoratif. Mereka juga akan mengantuk pada keesokan harinya.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/02/14/173500976/apa-yang-dimimpikan-oleh-anjing-peliharaan-saat-tidur-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke