Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Trik Mengatasi Retak Rambut pada Dinding dengan Mudah

JAKARTA, KOMPAS.com - Biasanya, pada dinding rumah banyak ditemukan retakan kecil yang berada di sekitar kusen pintu atau di dinding kosong. Retak rambut ini benar-benar normal dan dapat diperbaiki dengan sedikit pengisi dan sedikit cat.

Akan tetapi, dilansir dari Livspace, Jumat (11/2/2022), selain mengisinya dengan cat, Anda bisa berkreasi menutupinnya dengan berbagai cara seperti berikut ini.  

1. Gunakan bingkai

Jika Anda mencari perbaikan yang mudah, tidak ada salahnya Anda menyembunyikan retakan tersebut dengan bingkai foto.

Hiasi dinding Anda dengan bingkai ramping untuk tampilan yang halus.

Sebagai alternatif, Anda juga dapat mencetak pola dengan banyak ruang putih dan menempelkannya dengan selotip pada area yang perlu disembunyikan. Ini membantu untuk mengatur getaran artistik yang santai untuk ruangan Anda.

2. Gunakan wallpaper

Wallpaper terkenal sempurna untuk menyembunyikan retakan dan cat yang terkelupas. Pilih warna-warna halus atau pastel jika Anda ingin menciptakan suasana santai.

Warna-warna berani dan wallpaper berpola geometris cocok jika Anda ingin membuat pernyataan. 

3. Berseni dengan stiker dinding

Stiker dinding adalah cara hebat lainnya untuk menyembunyikan tampilan dinding retak ini. Anda bisa mengatasi celah untuk membuat pola yang menarik (pikirkan cabang pohon) atau tutupi seluruhnya.

4. Gunakan kain 

Sementara memperbaikinya perlu menjadi prioritas, pertimbangkan untuk menggunakan karpet mandala atau kain untuk pengobatan cepat. Ini juga membantu menciptakan ruang boho chic yang sempurna.

Ini bekerja dengan baik dengan interior bernuansa netral sebagai warna pop yang menarik.

Yang harus dipahami adalah retakan kecil di dinding Anda biasanya tidak bermasalah. Ini biasanya dapat disegel dengan pengisi dan hanya dicat ulang.

Akan tetapi jika retakan terus berkembang, inilah saatnya untuk melibatkan para profesional. Dalam beberapa kasus, ini bisa menjadi tanda masalah struktural.

Perhatikan retakan yang menganga, retakan horizontal, paku yang lepas, dan perubahan warna di sekitar tepi retakan. Ada yang membedakan retakan rambut dan retakan struktural, seperti berikut ini. 

Kerusakan struktural: Jika retakan tampak menganga, sangat tidak biasa atau memanjang uratnya, itu bisa menjadi kerusakan struktural. Aturan praktisnya adalah ini bisa menjadi masalah struktural jika lebarnya lebih dari inci.Ini patut mendapat perhatian segera.

Retakan garis rambut: Jika Anda melihat retakan di sekitar jendela dan pintu, biasanya ini adalah retakan garis rambut. Ini biasanya tidak perlu dikhawatirkan dan sangat umum di rumah.

 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/02/11/101600576/trik-mengatasi-retak-rambut-pada-dinding-dengan-mudah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke