Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Cara Membersihkan Nat Keramik Kamar Mandi yang Berjamur

JAKARTA, KOMPAS.com - Nat keramik kamar mandi yang kotor tentu merupakan pemandangan yang tidak sedap dipandang. Nat keramik yang kotor tersebut akan semakin terlihat apabila ubin keramik kamar mandi Anda berwarna terang.

Dilansir dari Express UK, Kamis (20/1/2022), nat keramik kamar mandi yang berjamur berwarna kuning atau abu-abu dapat membuat seluruh kamar mandi Anda terlihat kotor.

Kamar mandi adalah tempat yang sangat umum untuk nat Anda menjadi berubah warna.

Nat di antara ubin kamar mandi biasanya berwarna putih dan mengandung zat berpori seperti pasir. Oleh karena itu, ketika nat keramik dalam kondisi basah, maka akan menarik jamur dan lumut, mengubahnya menjadi abu-abu atau hitam.

Selain itu, saat mandi, produk yang Anda gunakan untuk mencuci rambut dan tubuh dapat mengubah warna nat keramik menjadi kuning dan oranye.

Tidak peduli seberapa keras Anda menggosok, tanpa solusi dan teknik yang tepat, nat keramik kamar mandi bisa sulit untuk dibersihkan.

Ada beberapa metode membersihkan nat keramik kamar mandi yang berjamur. Metode ini semakin kuat, jadi mulailah dengan yang pertama dan jika tidak berhasil, lanjutkan ke yang berikutnya.

Metode pembersihan yang keras diperlukan untuk noda yang luas atau membandel, tetapi sebaiknya gunakan yang lebih ringan jika memungkinkan.

1. Gunakan soda kue dan cuka

Buat pasta kental dengan soda kue dan air, dan gunakan sikat gigi bekas untuk mengoleskannya ke nat. Campur cuka dan air dalam botol semprot, dan semprotkan ke pasta soda kue.


Biarkan selama lima menit untuk pasta mulai bekerja. Gunakan sikat gigi lagi dan gosok natnya, sebelum dibilas dengan air.

2. Soda kue, cuka, dan amonia

Amonia adalah bahan kimia yang lebih kuat yang dapat Anda gunakan untuk berbagai pekerjaan pembersihan. Namun, penting untuk memastikan Anda mengikuti saran pada botol kemasan.

Tergantung pada kekuatan amonia (amonia adalah gas, jadi ketika Anda membelinya dalam kemasan sebagai produk pembersih, kekuatannya akan bervariasi), Anda harus mengenakan sarung tangan pelindung dan masker wajah.

Untuk membuat pembersih nat, campurkan sekitar 1,5 liter air hangat dengan sekitar 70 ml amonia. Tambahkan 100 gram soda kue dan 50 ml cuka putih ke dalam campuran dan aduk hingga soda kue larut.

Tuang campuran ke dalam botol semprot dan semprotkan nat dengan baik, biarkan selama lima menit untuk mulai bekerja. Dengan menggunakan sikat gigi bekas atau sikat berbulu keras, masukkan larutan ke dalam nat.

Akhiri dengan membersihkan dengan kain lembap dan terakhir bilas dengan air.

3. Soda kue dan hidrogen peroksida

Untuk noda yang paling membandel, Anda bisa menggunakan hidrogen peroksida, disinfektan kuat yang digunakan dalam produk pemutih gigi.

Seperti amonia, Anda harus mengikuti instruksi keselamatan seperti mengenakan sarung tangan saat bekerja dengan hidrogen peroksida.

Untuk menggunakan hidrogen peroksida sebagai pembersih nat, Anda harus mencampur hidrogen peroksida dengan soda kue untuk membuat pasta.


Oleskan pasta ke nat menggunakan sikat atau sikat gigi berbulu keras, dan biarkan bekerja selama lima hingga 10 menit.

Saat Anda kembali untuk menangani nat, gosoklah dengan sikat. Jika nat masih terlihat kotor, Anda bisa menambahkan lebih banyak pasta.

Terakhir, bersihkan pasta dengan kain lembap dan bilas dengan semprotan pembersih biasa.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/20/074900676/3-cara-membersihkan-nat-keramik-kamar-mandi-yang-berjamur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke