Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Benarkah Usia Kucing Liar Lebih Pendek?

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing liar banyak dan dengan mudah ditemukkan di jalanan. Bahkan, beberapa di antara mereka sering bermain dan masuk ke dalam banyak rumah.

Namun, kebanyakan dari mereka memiliki kehidupan yang singkat dan pastinya lebih sulit daripada kucing peliharaan di dalam rumah. 

Dilansir dari WebMD, Selasa (11/1/2022), menurut Margaret R Slater, dokter hewan dan direktur senior epidemiologi, layanan kesehatan hewan dengan American Society for Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA), kucing liar adalah kucing jenis apa pun yang terlalu kurang bersosialisasi untuk ditangani dan yang tidak bisa ditempatkan di rumah hewan peliharaan biasa.

Menurut People for the Ethical Treatment of Animals, ada antara 60 juta dan 100 juta kucing liar di Amerika Serikat saja.

Mereka biasanya keturunan kucing yang hilang atau ditinggalkan oleh pemiliknya, dan mereka tumbuh tanpa bersosialisasi dengan manusia.

Karena kucing betina dapat hamil pada usia 16 minggu dan terus melahirkan dua atau tiga anak dalam setahun, populasi kucing liar tumbuh dan berlanjut.

Dalam tujuh tahun, seekor kucing betina dan anak-anaknya dapat menghasilkan 420.000 lebih banyak kucing.

Kehidupan dan kesehatan kucing liar dan terlantar

Kucing liar sering tinggal di tanah kosong, menghindari mobil, dan makan dari tong sampah; menghadapi infeksi, penyakit, dan siklus kehamilan tanpa akhir dan menderita ekstrim dalam pengobatan dan cuaca.

Oleh karena itu, kehidupan kucing liar, atau kucing terlantar seringkali singkat, terkadang hanya bertahan dua atau tiga tahun.


Tentu saja, kucing liar juga meninggalkan masalah di depan pintu manusia, termasuk perkelahian yang berisik, bau, buang air kecil untuk menandai wilayah (juga dikenal sebagai "penyemprotan" atau "penandaan"), infestasi kutu, dan perkembangbiakan yang tak terhindarkan yang menciptakan lebih banyak kucing yang tidak diinginkan. 

Banyak ahli setuju bahwa salah satu cara terbaik untuk membantu kucing liar dan kelompok kucing disebut koloni adalah melalui program sterilisasi. Dan bagaimana jika ada seseorang ingin mengadopsi kucing liar? 

Jika Anda mengadopsi kucing yang menghabiskan beberapa waktu tanpa rumah dan perawatan yang layak, Anda mungkin tidak tahu apa riwayat kesehatannya atau apakah mereka memiliki masalah kesehatan saat ini.

"Segera setelah Anda memutuskan untuk memelihara kucing, demi kesejahteraan semua yang terlibat, jadwalkan janji temu dengan dokter hewan," ungkap Amanda Landis-Hana, dokter hewan dan manajer senior penjangkauan hewan di PetSmart Charities yang dilansir dari Bustle.

Dokter hewan akan dapat memeriksa parasit seperti tungau telinga dan kutu, yang sering menyerang kucing yang hidup tanpa rumah.

Plus, jika bayi kucing baru Anda menderita penyakit yang lebih serius, semakin cepat Anda mendapatkan perawatan untuk mereka, semakin baik.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/11/102300076/benarkah-usia-kucing-liar-lebih-pendek-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke