Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mengusir dan Mencegah Tikus Masuk ke Rumah dengan Peppermint

Tak hanya membuat beberapa barang rusak, tikus di rumah juga bisa menyebarkan penyakit berbahaya. 

Melansir dari Family Handyman, Kamis (23/12/2021), untuk membasmi tikus, tidak berarti Anda harus membeli banyak perangkap tikus.

Tikus dapat dibasmi dari rumah dengan menambahkan aroma peppermint di sudut-sudut tempat biasa hewan pengerat ini muncul atau berkumpul.  

Tikus memiliki indera penglihatan yang sangat lemah, tetapi penciumannya kuat dan tajam. Tak heran, tikus biasanya memilih makanan yang beraroma. Peppermint memiliki aroma kuat yang tidak disukai tikus.

Menurut Victor Pest, peppermint mengandung senyawa mentol yang sangat ampuh mengiritasi rongga hidung tikus sehingga aroma peppermint mampu menjauhkan tikus.

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk memasukkan aroma peppermint ke rumah. Pertama, menanam tanaman peppermint dan meninggalkannya di sejumlah area di rumah.

Aroma peppermint mampu menghalangi tikus masuk atau berkeliaran di tempat pertama. 

Kedua, menyemprotkan minyak peppermint. Semprotkan minyak esensial beraroma peppermint di berbagai area di rumah yang sering dilalui tikus.

Jika mencoba menangkap tikus, semprotkan minyak peppermint secara strategis di tempat-tempat yang tidak memiliki perangkap tikus.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/23/192300076/cara-mengusir-dan-mencegah-tikus-masuk-ke-rumah-dengan-peppermint

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke