Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Tanaman Hias yang Bisa Menyegarkan Udara di Rumah

Selain itu, pilihan tanaman dalam ruangan yang tepat juga bisa menyegarkan udara dalam rumah. 

Melansir dari RooHome, Selasa (14/12/2021), berikut empat tanaman hias yang bisa menyegarkan udara di rumah. 

Tak heran, tanaman ini akan tumbuh subur pada lingkungan dengan kelembapan tinggi dan minim cahaya langsung seperti kamar mandi. 

Suasana lembap yang ditawarkan kamar mandi akan memudahkan pakis Boston mengekstraksi karbon dioksida, xilena, dan formaldehida dari udara.

Tanaman lili perdamaian tidak memerlukan terlalu banyak cahaya. Dengan perawatan yang tepat, peace lily bisa hidup selama bertahun-tahun dan dapat mekar dua kali dalam setahun.

Menurut peneitian Clean Air Study dari NASA, tanaman hias ini bisa menjaga udara tetap bersih karena mengeliminasi bahan kimia tingkat tinggi seperti benzena, formaldehida, trikloretilen, dan amonia dari udara.

Lidah mertua memiliki daun yang panjang dan ujung yang runcing sehingga bisa menyebabkan luka jika tidak hati-hati menanganinya.

Tanaman hias lidah mertua bisa tumbuh baik dalam lingkungan kering, tidak perlu sering menyiramnya, dan bisa tumbuh dalam cahaya apa pun.

Meski demikian, cahaya tidak langsung merupakan lingkungan paling kondusif bagi pertumbuhan tanaman hias ini. 

Lidah mertua membantu menyaring dan memurnikan udara di dalam rumah serta mengubah karbon dioksida menjadi oksigen pada malam hari.

Kamu bisa menaruh tanaman lidah mertua dalam kamar tidur karena memiliki tingkat oksigen paling tinggi di antara tanaman dalam ruangan lainnya.

Dracaena fragrans

Dracaena fragrans merupakan tanaman tropis asal Afrika yang mirip dengan pohon palem mini. Pemeliharaannya tidak terlalu sulit lantaran hanya memerlukan sedikit penyiraman karena berasal dari iklim panas.

Kendati demikian, tanaman Dracaena fragrans tetap mendapatkan manfaat dari semprotan air atau ditempatkan pada wadah berair. Nantinya, tanaman tersebut akan menciptakan kelembapan dari evaporasi.

Terkait penyegaran dan pemurnian udara, Dracaena fragrans merupakan salah satu yang paling efektif. Tanaman hias ini bisa menghilangkan senyawa berbahaya yang ada di udara seperti benzena, formaldehida, trikloroetilen, juga karbon dioksida.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/14/175700276/4-tanaman-hias-yang-bisa-menyegarkan-udara-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke