Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kucing Tidur Terus, Apakah Normal?

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika kucing Anda tampaknya menghabiskan sebagian besar waktunya dengan tidur di sepanjang hari, jangan terlalu khawatir. Ini adalah perilaku kucing yang normal

Sebab, dilansir dari Pets The Nest, Selasa (7/12/2021), kucing suka tidur siang dan cenderung menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur daripada bangun.

Mengapa kucing tidur terus seperti itu? Berikut penjelasannya. 

1. Menggantikan energi yang terbuang

Kucing sering tidur sekitar 16 jam sehari, menurut catatan ASPCA,  mungkin setidaknya dua kali lipat jumlah waktu rata-rata manusia tidur. Beberapa kucing tidur "sedikit" selama 13 jam, sementara yang lain bisa tidur selama 18 jam.

Kegiatan menutup mata ini sama sekali tidak menyiratkan bahwa kucing adalah makhluk yang suka menganggur.

Akan tetapi, sebenarnya kucing hanya membutuhkan banyak istirahat dan relaksasi untuk menggantikan energi tinggi mereka sepanjang hari, apakah itu melibatkan berlari  atau mengejar boneka burung kesayangan dengan penuh semangat.

2. Aktif di malam hari

Kucing sangat menyukai tidur bahkan di siang hari, sebab kucing adalah burung hantu malam, dan perilaku ini ada dalam gen kucing.

Kucing terkait dengan kucing liar Afrika yang dominan di malam hari. Jika Anda memerhatikan bahwa hewan peliharaan Anda yang lucu tampak gelisah saat malam hari, jangan salahkan dia.


Sebab, kucing memang memiliki gen seperti itu. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas pada malam hari, gunakan energinya pada siang hari dengan mengajaknya bermain.  

3. Kebiasaan kucing untuk tidur panjang

Kucing biasanya menghabiskan dua pertiga dari hari mereka untuk tidur. Tidur yang banyak ini juga tidak terlalu umum di dunia hewan.

Dibandingkan dengan mamalia lain, kucing tidur kira-kira dua kali lebih banyak.

"Kucing cenderung tidur lebih lama seiring bertambahnya usia," kata para ahli di Cornell University College of Veterinary Medicine. 

4. Efek stres dan kecemasan

Jika Anda memerhatikan bahwa kucing juga tampak lebih mengantuk dari sebelumnya, pertimbangkan keadaan emosinya.

Kebiasaan tidur yang tidak normal sering kali menunjukkan stres atau kecemasan pada kucing, baik karena meninggalnya anggota rumah tangga, pindah rumah, atau lainnya.

Jika Anda khawatir hal ini terjadi pada kucing peliharaan Anda, lakukan apa yang Anda bisa untuk meredakan kegelisahannya, seperti menghabiskan lebih banyak waktu dengannya atau mengunjungi dokter hewan agar diberikan obat anti-kecemasan jika memang diperlukan. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/07/110000176/kucing-tidur-terus-apakah-normal-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke