Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Ras Anjing Berkaki Pendek yang Lucu dan Aktif

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Selain yang berpostur tinggi, ada pula beberapa ras anjing berkaki pendek.

Dilansir dari Reader's Digest, Selasa (7/12/2021), ras anjing berkaki pendek tentu tidak digolongkan ke dalam ras anjing tercepat. Namun, cara mereka berjalan di sekeliling rumah dan tubuh kecilnya bergoyang-goyang sangat menarik, lucu, dan menggemaskan.

Untuk Anda yang akan memelihara anjing atau mengadopsi anjing, berikut beberapa ras anjing berkaki pendek yang lucu, namun beberapa di antaranya aktif.

1. Pomeranian

Anjing dengan kaki pendek pada dasarnya kecil, tetapi Pomeranian juga dikenal karena sikapnya yang berani dan lincah.

American Kennel Club (AKC) mengatakan bahwa jenis ini mudah dilatih, dan bahkan menjadi anjing penjaga yang efektif.

Untuk perawatan, anjing Pomeranian memiliki bulu ganda yang indah yang hadir dalam lebih dari 20 variasi dan membutuhkan perawatan yang baik antara tiga hingga lima kali seminggu.

2. Pembroke Welsh Corgi

Dicintai oleh Ratu Elizabeth II dari Inggris, Pembroke Welsh Corgi adalah anjing cerdas dan menyenangkan. Anjing ini juga salah satu anjing penggembala paling populer di dunia.

Meskipun kakinya kecil, pahanya yang berotot dan dadanya yang kuat membuat Pembroke Welsh Corgi anjing yang kuat. Ras Corgi ini juga mudah dilatih, serta dikenal pekerja keras dan penuh energi.


Sifat unggul ini, yang dipadukan dengan kewaspadaan dan kemandiriannya, juga menjadikan Pembroke Welsh Corgi sebagai anjing penjaga yang baik. Keuntungan lain tentang ras ini adalah relatif mudah untuk dirawat.

Bulu ganda tebal mereka hadir dalam lima warna berbeda dan hanya membutuhkan perawatan setiap empat hingga enam minggu.

3. American Bulldog

Gemuk, sangat keriput, dan selalu setia, bulldog adalah salah satu anjing berkaki pendek yang paling populer.

Awalnya dibiakkan untuk membantu tukang daging membawa ternak ke pasar, bulldog telah menjadi pendamping yang lebih lembut, lebih ramah, dan dikenal sebagai salah satu ras anjing yang paling tenang.

Anjing berotot kecil ini dapat memiliki berat hingga 25 kg. Selain itu, anjing American Bulldog membutuhkan sekitar satu jam olahraga sedang setiap hari.

Perhatikan juga bahwa moncongnya yang pendek terkadang membuat pernapasan menjadi lebih sulit selama cuaca hangat dan lembap. AKC merekomendasikan untuk menempatkan anjing ini di dalam ruangan di cuaca panas.

Bulu halus mengkilap mereka secara alami bersih, meskipun sebaiknya tetap dimandikan setiap sebulan sekali. Menyikat lembut setidaknya sekali seminggu juga akan membuat anjing ini tetap menarik dan bahagia.

4. Basset Hound

Dibandingkan dengan anjing lain dengan kaki pendek, Basset Hound adalah ras sedang yang lebih besar, dengan berat antara 20 hingga 22,5 kilogram.

Ras anjing ini terkenal karena wajahnya yang terkulai, mata yang kendur, dan telinga yang panjang dan terkulai.

Seperti kebanyakan anjing pemburu, Basset Hound adalah anjing yang dikembangkan untuk jarak, bukan untuk kecepatan.

Bulu pendek dan halus Basset Hound perlu disisir beberapa kali seminggu untuk mengontrol kerontokan. Mereka juga membutuhkan mandi sesekali.

5. Miniature Schnauzer

Tak kenal takut tapi ramah, Miniatur Schnauzer adalah anjing yang menarik dilihat dengan janggutnya yang lebat dan alisnya yang dramatis.

Namun, anjing ini awalnya dibiakkan sebagai anjing peternakan, tetapi sejak itu menjadi anjing rumahan yang menawan dan setia.

Miniature Schnauzer juga dikenal karena kepribadian mereka yang ramah dan keinginannya untuk menyenangkan pemiliknya, yang membuat ras anjing ini sangat mudah untuk dilatih.

Anjing ini perlu dimandikan setiap lima hingga delapan minggu untuk menjaga agar wajah berjanggut dan bulunya tetap mengkilap.

6. Scottish Terrier

Istimewa, menawan, dan mandiri, Scottish Terrier yang ikonik ini memiliki penampilan yang memberikan kesan anjing yang tangguh dalam tampilan tubuh yang mungil.

Kesadaran yang tajam dikombinasikan dengan naluri berburu yang kuat membuat Scottish Terrier menjadi anjing penjaga yang luar biasa.

Seperti ras terrier lainnya, ras anjing ini dikenal karena energinya yang optimal dan kepribadiannya yang lincah.

Mereka membutuhkan latihan yang menyenangkan, dan mendapat manfaat terutama dari kejutan kecil permainan penuh aksi sepanjang hari.


Anjing ini perlu perawatan rutin dan juga harus disisir dua hingga tiga kali seminggu untuk membantu menangani kerontokan.

7. Dachshund

Dachshund adalah ras anjing Jerman yang berani, berkemauan keras, dan ingin tahu dengan penampilan yang ikonik dan jelas.

Anjing ini dikenal karena tubuhnya yang pendek, punggung panjang, kaki pendek, dan naluri anjing pemburu.

Meskipun mungil, ras anjing ini cepat menggonggong pada orang asing dan mengemas sejumlah energi yang menipu. Oleh sebab itu, mereka membutuhkan banyak aktivitas sepanjang hari.

Dachshund hadir dalam ukuran standar, serta versi mini, dan bulunya bisa panjang, kurus, atau halus. Karena sesekali bulunya rontok, mereka membutuhkan penyikatan atau penyisiram bulu secara teratur.

8. French Bulldog

Seperti ras anjing Bulldog lainnya, French Bulldogjuga memiliki wajah persegi, berkerut, dan rata. Ciri khas ras ini, selain kerangkanya yang kokoh dan kakinya yang pendek, adalah telinganya yang besar dan lebar yang kaku dan mengarah ke atas.

AKC menggambarkan French Bulldog sebagai hewan yang suka bermain dan mudah beradaptasi, yang berarti bahwa mereka dapat bergaul dengan siapa saja, termasuk hewan lain.

Karena mereka adalah anjing yang energinya lebih rendah, French Bulldog hanya perlu berjalan kaki singkat setiap hari agar tetap sehat, yang menjadikan mereka anjing apartemen yang sangat baik.

Juga, perhatikan bahwa wajah datar mereka dapat membuat beberapa kesulitan bernapas ketika terlalu banyak aktivitas atau cuaca panas. Menyikat mingguan yang dipasangkan dengan mandi sesekali dapat membantu mengelola kerontokan minimal.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/07/075500376/8-ras-anjing-berkaki-pendek-yang-lucu-dan-aktif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke