Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Hal dalam Desain Interior Rumah yang Bisa Bikin Anda Bahagia

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak ada yang lebih penting dari merasa bahagia di rumah sendiri. Dengan kondisi pandemi yang membuat kita menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, penting untuk membuat rumah sebagai tempat yang membuat kita merasa nyaman.

Dikutip dari Homes & Gardens, Kamis (2/12/2021), studi telah menemukan bahwa lingkungan dapat memiliki pengaruh besar pada cara kita berpikir dan merasa. Dengan demikian, penting untuk membuat ruang hidup dan pilihan desain interior kondusif untuk berpikir positif.

"Jika Anda menginginkan perubahan pribadi yang positif dalam bentuk apa pun, Anda harus terlebih dahulu menangani lingkungan Anda," kata Michelle Ogundehin dalam bukunya Happy Inside.

"Kita semua membutuhkan rumah yang mendukung, bukan merusak, kesejahteraan kita," imbuh dia.

Di samping itu, kini penting untuk memiliki ruang yang aman untuk bersantai. Oleh karena itu, semakin penting bahwa rumah kita mendukung kita, sebagai ruang pengasuhan, sensorik, dan sentuhan.

"Bukan sebagai isolasi dari kehidupan kontemporer, tetapi memperkuat kita, tubuh dan jiwa, untuk menghadapinya," jelas Ogundehin.

Memiliki rumah yang menciptakan kebahagiaan tidak hanya akan berdampak positif pada kesejahteraan Anda sendiri, namun juga dapat memelihara dan mendukung hubungan yang bahagia dan memuaskan.

Berikut beberapa hal dalam desain interior yang dapat membuat Anda merasa bahagia di rumah.

1. Gunakan warna yang membangkitkan suasana hati dan energi

Warna ceria yang meningkatkan suasana hati akan membawa optimisme dan energi ke ruang mana pun, tetapi sangat cocok untuk ruang sehari-hari yang sibuk seperti dapur, ruang keluarga, dan lorong rumah.

"Dengan lebih banyak dari kita menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, rumah menjadi ruang untuk bersantai dan beristirahat, tetapi juga tempat di mana kita ingin mengelilingi diri kita dengan kegembiraan, warna dan pola yang membuat kita bahagia," sebut Ruth Mottershead, direktur kreatif Little Greene.

Ide ruangan berwarna kuning memberikan hal positif pada sebuah ruang. Ini adalah warna yang membuat kita merasa bersemangat, bahagia, dan berenergi.

"Warna cat kuning memiliki kecerahan, kesegaran dan kehangatan yang melekat yang menjadikannya warna yang selalu populer untuk digunakan di sekitar rumah, menciptakan perasaan hangat dan nyaman, itu adalah sinar matahari di rumah Anda," ujar Mottershead.

2. Ciptakan ruangan multifungsi

Beberapa tahun terakhir telah banyak disoroti kebutuhan rumah menjadi semakin serbaguna dan multifungsi.

Baik untuk bekerja, menghibur, atau bersantai, rumah harus menjadi tempat yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan setiap orang yang tinggal di dalamnya.

Ide dapur terbuka dan ruang tamu dengan furnitur yang dapat dipindahkan, serta penambahan furnitur multifungsi, semuanya dapat berperan dalam membuat rumah akomodatif untuk setiap anggota keluarga.

"Dari sudut desain interior, ruang terbuka memungkinkan Anda untuk menyatukan detail, tekstur, dan material di seluruh ruangan untuk mencapai hasil yang sangat mengesankan," tutur Jamee Kong dari DesignSpace London.

3. Membawa aspek alam ke dalam rumah untuk meningkatkan kualitas tidur

Kesehatan mental adalah topik diskusi besar saat ini dan penting untuk meluangkan waktu untuk perawatan diri. Cara mudah untuk meningkatkan mood dan membantu mengurangi kecemasan adalah dengan mengisi rumah dengan tanaman.

Selain itu, berkebun dalam ruangan adalah aktivitas penuh perhatian yang dapat membantu Anda menghilangkan stres di rumah. 

Kurang tidur dapat berdampak besar pada banyak aspek kehidupan, mulai dari kesehatan hingga kemampuan kerja hingga kehidupan sosial kita.

Meletakkan tanaman lidah buaya di dalam pot di samping tempat tidur dapat membantu Anda melihat malam, karena menghasilkan oksigen di malam hari untuk memerangi insomnia dan meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan.

4. Menggunakan elemen dekorasi buatan tangan

Memilih furnitur, kain, dan aksesori buatan tangan dapat membuat perbedaan nyata pada nuansa rumah Anda. Elemen dekorasi tangan dapat membantu menghadirkan karakter dan nuansa unik ke luar angkasa.

Memilih furnitur, kain, dan aksesori buatan tangan dapat membuat perbedaan nyata pada nuansa rumah.

5. Buat dinding memori

Salah satu cara penting untuk membuat rumah lebih bahagia adalah dengan mengisinya dengan barang-barang yang memunculkan kenangan indah.

Dari karya seni modern dan wallpaper, hingga stiker dekoratif dan koleksi piring yang menarik, jelas bahwa Anda harus membiarkan dinding yang berbicara.

"Dinding memori itu cara indah dalam menampilkan gambar atau foto khusus," ucap Chrissie Rucker, pendiri The White Company.

"Saat memutuskan apa yang akan diletakkan di dinding memori, insting saya tertarik pada apa yang mencerminkan tempat, orang, dan kekhasan mereka," imbuh Rucker.

6. Gunakan banyak penyimpanan

Penyimpanan sangat penting untuk rumah dan kesejahteraan Anda. Penyimpanan juga penting untuk memastikan barang-barang yang Anda dan anggota keluarga butuhkan ada di tempatnya saat dibutuhkan.

Penyimpanan di lemari dapur, misalnya, dapat menjadi fokus perhatian Anda.

"Lemari dapur menjadi semakin penting, dengan hidup sehat yang vital bagi kehidupan dan organisasi kita sehari-hari sangat penting untuk menjaga pikiran kita tetap jernih," papar Ella Jade, co-founder ROOBBA.

7. Pilih furnitur multifungsi

Memilih furnitur multifungsi dan fleksibel adalah cara yang bagus untuk mendapatkan hasil maksimal dari setiap inci rumah Anda.

Dengan merangkul ide ruang makan kecil berarti ruangan yang kompak tidak perlu menjadi penghalang untuk menciptakan ruang makan yang meningkatkan suasana hati.

Jauh lebih mudah bagi ruang kecil untuk terasa gelap dan suram. Jadi, jika Anda berurusan dengan ruang makan kecil, singkirkan bayangan dengan membuat benda-benda tetap terang.

Memilih meja yang dapat diperpanjang, misalnya, berarti Anda dapat menggunakannya dalam ukuran yang lebih kecil untuk makan sehari-hari, dan membuatnya lebih lama saat menjamu tamu.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/02/090800376/7-hal-dalam-desain-interior-rumah-yang-bisa-bikin-anda-bahagia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke