Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Ide Dekorasi Pohon Natal, Warna Pastel hingga Tema Skandinavia

JAKARTA, KOMPAS.com - Bulan Desember identik dengan Hari Raya Natal bagi yang merayakannya. Ini berarti mendekorasi rumah dengan pohon Natal yang meriah dah penuh warna.

Namun, jika Anda mencari inspirasi dekorasi Natal, perlu disadari bahwa dekorasi Natal tidak hanya warna hijau dan merah. Ada beberapa inspirasi dekorasi pohon Natal yang menarik dan dapat Anda terapkan di rumah.

Dikutip dari Living Etc, Rabu (1/12/2021), cara berpikir tentang tren pohon Natal adalah bahwa ada beberapa bahan pokok yang tidak pernah ketinggalan zaman. Lampu yang berkelap-kelip, pernak-pernik yang berkilauan, dan kotak-kotak kado tidak akan pernah mengecewakan.

Akan tetapi, interpretasi tentang cara menghias pohon Natal bisa beragam dan tetap menarik. Berikut beberapa tren dekorasi pohon Natal tahun ini yang dapat menjadi inspirasi Anda.

1. Warna pastel yang menarik

Lucy Kirk, Manajer Kreatif di Lights4Fun, menikmati bagaimana tampilan pohon Natal dengan warna pastel membangkitkan kenangan masa kecil yang bahagia.

"Kepolosan dekorasi Natal ini memungkinkan kita melarikan diri sejenak ke waktu yang lebih sederhana dan tidak rumit. Ini adalah kesempatan untuk mundur selangkah dan menikmati pesona perayaan yang aneh," kata Kirk.

Merah muda dan biru pastel adalah latar belakang untuk tanda-tanda nostalgia Natal yang menawan.

"Pernak-pernik tua yang meriah, lampu pohon retro, dan desain bergaya vintage menangkap sentimentalitas musim ini, sementara pita dan pita cantik menawarkan unsur keceriaan dan kesenangan," ujar Kirk.


2. Nada warna alami

Untuk sesuatu yang sedikit lebih lembut, Anda tidak bisa mengalahkan palet warna alami. Baik itu pohon Natal, hiasan meja, atau karangan bunga di tangga, warna-warna ini akan benar-benar menonjolkan keindahan alam.

"Warna camel, cokelat, dan krem yang membentuk sebagian besar koleksi dekorasi kami adalah warna emas yang lebih lembut yang secara tradisional dikaitkan dengan Natal," tutur Lyndsey Goodger, Pendiri Rose & Grey.

"Warna alami adalah tren besar musim dingin ini, dan berbicara tentang pergeseran yang lebih luas menuju semua hal organik," jelasnya.

Ini telah terlihat sepanjang tahun dengan kembalinya ide ruang tamu krem. Tentu saja, melestarikan alam adalah agenda utama semua orang, dan Goodger menyarankan dekorasi Natal dengan prinsip-prinsip ramah lingkungan.

"Potongan kertas kami dibuat menggunakan Katran, bahan yang 100 persen dapat terurai secara hayati, buatan tangan dengan mendaur ulang limbah kain dari industri kapas," sebutnya.

3. Campuran warna logam

Lewatlah sudah hari-hari harus memilih antara warna emas dan perak. Sama seperti prinsip maksimalisme dalam desain interior, gabungkan dua warna metalik ini secara berlimpah untuk efek maksimal.

"Tambahkan emas, perak, dan kilauan di pernak-pernik dan lampu peri, serta dalam jumlah yang banyak. Selama Anda memulai dengan fondasi yang apik, itu akan berhasil," terang desainer interior Jonathan Adler.

4. Nostalgia maksimalis

Berbicara tentang maksimalisme, benar-benar tidak ada yang menghindar dari tradisi saat Natal, jadi jika merah dan hijau adalah kesukaan Anda, Anda sebaiknya menerapkannya.

Jiin Kim-Inoue, Direktur Desain di Finchatton, menyukai pendekatan ini.


"Saya seorang maksimalis dalam hal Natal, dan saya suka klasik seperti merah dan hijau dengan banyak kilau," sebutnya.

Cahaya berkelap-kelip adalah kunci untuk tampilan nostalgia ini.

5. Warna-warna tanah

Jika Anda menyukai hijau, tetapi menginginkan alternatif yang lebih kontemporer untuk merah, cobalah warnw terakota. Ini telah menjadi tren yang kuat di interior selama beberapa tahun terakhir, dan sangat menyenangkan.

"Warna terakota dan zaitun bekerja dengan sangat baik karena keduanya memiliki warna yang hangat dan bersahaja," jelas Ailie Williams, penata gaya di Neptune.

"Meskipun keduanya adalah warna yang cukup berani, mereka tidak mengalahkan satu sama lain dan malah menawarkan keseimbangan yang lembut," imbuh Williams.

Menurut dia, meskipun merah seringkali bisa menjadi warna yang cukup dingin, kehangatan terakota akan langsung menambah kenyamanan pada sebuah ruang.

Terakota adalah salah satu warna yang cocok dengan abu-abu, membuatnya sempurna untuk skema yang canggih.

"Nada (warna) ini sangat terinspirasi oleh alam, yang selalu merupakan palet terbaik. 'Tingkatkan ini dengan membawa banyak elemen alami seperti tanaman hijau dan cabang yang dihias," ungkap Williams.

6. Minimalis ala Skandinavia

Anda juga ambil inspirasi dari desain Skandinavia. Tren ini adalah tentang kualitas daripada kuantitas.

Menurut Sandie Wallman, Pendiri Nordic House, dekorasi Natal ala Skandinavia adalah tentang menciptakan ruang yang ramah.


"Cahaya lilin dan lampu peri dengan pohon yang indah dan dedaunan hijau dapat menjadi semua yang Anda butuhkan untuk tampilan yang minimal namun atmosferik. Jika Anda ingin menambahkan sedikit lebih banyak hiasan, pilih pernak-pernik yang memiliki palet warna yang sangat redup, atau semuanya dari bahan yang sama," saran Wallman.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/01/083200876/6-ide-dekorasi-pohon-natal-warna-pastel-hingga-tema-skandinavia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke