Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips agar Kucing Berhenti Menggigiti Kabel

JAKARTA, KOMPAS.com--Tak hanya anjing, kucing juga suka mengunyah kabel. Selain merusak, perilaku ini juga berbahaya bagi kucing. Pasalnya, kucing bisa tersengat listrik, jika kabel sedang tersambung dengan aliran listrik. 

Selain itu, kabel yang terluka juga bisa meningkatkan potensi konsleting yang menjadi penyebab terjadinya kebakaran.

Lalu, bagaimana mengatasi kebiasaan kucing ini? Berikut penjelasannya.

Mengapa kucing mengunyah kabel?

Kucing tampaknya menyukai apa pun yang menjuntai atau menyerupai ekor binatang, karena hal itu membangkitkan naluri berburu mereka.

Namun, langkah pertama untuk mencegah kucing mengunyah kabel rumah tangga adalah dengan mengidentifikasi mengapa mereka melakukannya.

Selain karena bermain, berikut adalah beberapa alasan kucing menggigit kabel seperti dilansir dari My Animals, Senin (29/11/2021).

1. Masalah gigi

Ketika kucing memiliki masalah di mulut mereka yang menyebabkan mereka sakit, mengunyah kabel bisa meredakan rasa sakit itu.

2. Kebosanan

Seekor kucing yang tidak memiliki cukup rangsangan di lingkungannya akan mencari cara untuk menghibur dirinya sendiri.

Kawat atau kabel adalah pilihan yang menarik bagi beberapa kucing yang tidak memiliki banyak hal untuk dilakukan di rumah.

3. Masalah kesehatan

Beberapa penyakit seperti hipertiroidisme, meningkatkan aktivitas dan nafsu makan hewan, yang berarti mengunyah segala sesuatu dalam jangkauan.

Hewan lain dengan mobilitas terbatas dapat bermain dengan apa pun yang dapat dijangkau,


seperti dalam kasus pasien osteoartritis.

4. Pica

Gangguan pica adalah konsumsi zat non-makanan dan tidak biasa. Ini biasanya terjadi karena gangguan perilaku atau defisit nutrisi, di mana kucing mencari makanan yang tidak biasa untuk menebusnya.

5. Perilaku obsesif

Stres dan kecemasan membuat hewan apa pun mencari jalan keluar melalui perilaku kompulsif. Dalam kasus kucing, ini bisa berupa mengunyah dan memutuskan kabel.

Menemukan penyebab masalah ini bisa jadi hal yang sulit. Untuk itu sebagai pemilik kita harus memperhatikan hewan peliharaan dan rutin memeriksakan kesehatan mereka ke dokter hewan. 

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan:

1. Gunakan pengobatan rumahan

Ada campuran buatan sendiri yang sangat efektif untuk memberikan rasa yang tidak enak pada kabel. Aroma pedas atau asam sering kali bekerja dengan baik, tetapi pastikan kamu tidak menggunakan apa pun yang bisa menjadi racun bagi kucing.

2. Gunakan teknologi nirkabel bila memungkinkan

Beberapa peralatan memungkinkan kamu untuk tidak menggunakan kabel. 

3. Tutupi kabel dengan pelindung kabel PVC


 

Ada pelindung kabel khusus yang tersedia di pasaran. Selain menghindari gigitan, pelndung ini akan merapikan tempat yang memiliki banyak kabel listrik, yang juga merupakan metode pencegahan kebakaran.

4. Sembunyikan kabel secara langsung

Di belakang furnitur, terselip di sudut yang tidak dapat diakses, dan sebagainya. Kabel yang meliuk-liuk di lantai dan yang menggantung adalah yang paling mencolok bagi kucing.

5. Tawarkan alternatif yang aman untuk kucing

Jika mereka tidak menelan apa yang mereka kunyah, kamu bisa memberi mereka benda lain untuk menghibur diri mereka sendiri, seperti kardus atau mainan khusus.

6. Temani kucing bermain

Menjaga kucing tetap terhibur tidak hanya akan mencegah perilaku negatif, tetapi kamu bisa menikmati waktu berkualitas bersamanya.

Mengerjakan perilaku yang baik pada kucing dapat membantu mengubah lingkungannya. Untuk kucing yang sangat aktif, hadiahnya bisa berupa permainan dengan aktivitas tinggi. Dengan demikian, kucing tidak akan begitu tertarik pada kabel.

Apakah baik menghukum kucing karena mengunyah kabel?

Banyak orang menggunakan metode hukuman dari jarak jauh (seperti semburan air biasa), tetapi dari sudut pandang pelatihan positif, ini bukan strategi yang baik.

Pertama, karena kucing tidak akan menghentikan perilakunya saat kamu tidak ada di rumah, dan kedua, karena listrik dan air tidak pernah menyala dengan baik.

Beberapa penentu sangat berguna dalam memodifikasi perilaku, seperti perangkat yang mengeluarkan suara mendesis saat kucing mendekat.

Di sisi lain, kamu bisa dengan tegas memerintahkan hewan peliharaanmu untuk menjauh dan, ketika mereka mendengarkanmu, beri mereka hadiah.

Namun, metode terbaik adalah selalu memberi kucing pengayaan lingkungan yang memadai dan mencegah mereka mengakses kabel sejak awal.

Terakhir, jangan lupa untuk membawa kucing ke dokter hewan untuk menyingkirkan penyakit mendasar yang mungkin menyebabkan perilaku ini. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/29/223445776/tips-agar-kucing-berhenti-menggigiti-kabel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke