Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Mengecat Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com—Mengecat rumah menjadi pilihan untuk membuat hunian tampak segar dan lebih cantik.

Warna cat yang baru juga bisa meningkatkan mood dikala kamu sudah merasa bosan di rumah.

Namun sebelum mengecat rumah, ada beberapa persiapan yang harus kamu lakukan. Hal ini penting untuk diperhatikan agar hasil akhir cat dinding menjadi lebih maksimal.

Berikut tujuh persiapan yang harus dilakukan sebelum mengecat rumah seperti dilansir dari The Garden Granny, Minggu (28/11/2021).

1. Menentukan warna

Memilih warna yang tepat untuk rumah bisa menjadi tugas yang sulit. Ada begitu banyak opsi sehingga sulit untuk memilihnya.

Haruskah memilih terang atau gelap? Terang atau hening? Jenis hasil akhir apa yang kamu inginkan? Adakah dtail yang dicat seperti garis, stensil, atau bingkai? 

Keputusan yang cepat dan tergesa-gesa dapat membawa hasil yang buruk, dan perbaikan bisa memakan waktu lama.

2. Pertimbangkan cahaya

Kualitas dan tingkat cahaya dalam sebuah ruangan menjadi faktor penting yang harus diperhatikan saat memilih warna cat.

Kamar dengan jendela besar akan banyak mendapatkan cahaya alami, sehingga nada cahaya membantu mempercantik tampilan yang terang dan lapang. Namun, jika kamu mencari warna, mungkin membutuhkan warna cerah dari sebelumnya agar tidak terlihat pudar pada awalnya.

3. Periksa dinding

Sebelum memulai proses pengecatan, periksa dinding di ruangan apakah ada retakan, penyok, lubang, atau ketidaksempurnaan lainnya di permukaan.

Bila ditemukan, gunakan dempul lembut dan spatula untuk mengisi dan memperbaiki ketidaksempurnaan itu, lalu peras sisa dempul dan tunggu sampai mengering.


Setelah kering, gunakan amplas yang sangat halus untuk menghaluskan area tersebut, lalu seka dinding dengan spons atau handuk basah.

4. Tutupi furnitur

Saat mengecat ruangan, dorong semua furnitur ke tengah ruangan dan tutupi dengan terpal plastik yang ditempel di bagian bawah. Ini akan melindungi furnitur dari tumpahan cat, serta debu amplas.

Gunakan amplas dan alat pengikis untuk menghilangkan cat lama dan usang dari dinding. Kamu dapat menggunakan amplas standar, bantalan pengamplasan, atau pengampelas elektrik, yang paling cocok untuk area yang lebih luas.

Pengamplasan akan mempersiapkan dinding untuk mendapatkan hasil akhir cat baru yang


halus dan merata.

6. Gunakan primer berwarna

Alih-alih menggunakan primer putih, warnai primer dengan sedikit cat abu-abu atau cat kuning. Primer berwarna menyembunyikan area yang ditambal dengan lebih baik dan menutupi warna cat lama.

Hasilnya, kamu akan mendapatkan lapisan akhir yang cerah dan membutuhkan lebih sedikit lapisan catm sehingga penggunaan cat bisa jadi lebih irit.

Ini berguna jika warna cat lama sudah gelap seperti merah atau oranye, yang mungkin membutuhkan tiga lapis atau lebih jika kamu tidak mengaplikasikan primer cat terlebih dahulu.

7. Gunakan tenaga cat profesional

Meskipun mengecat sendiri selalu menjadi pilihan bagi pemilik rumah, namun ini tentu tidak bisa menggantikan kualitas profesional yang ditawarkan oleh mereka yang sudah terampil di bidang ini.

Jika kamu menginginkan cat berkualitas tinggi dan sempurna, ada baiknya kamu menyewa tenaga profesional rumah untuk mengecat rumahmu.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/28/235822976/7-persiapan-yang-harus-dilakukan-sebelum-mengecat-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke