Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Warna Interior yang Bakal Jadi Tren pada 2022, Apa Saja?

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna cat dinding adalah salah satu elemen penting dalam desain interior rumah. Oleh sebab itu, prediksi tren warna interior setiap tahunnya selalu dinanti banyak orang.

Di tengah pandemi virus corona yang belum berakhir pun, tren warna interior tetap dinantikan. Dengan kondisi normal yang baru alias new normal, keinginan untuk melakukan perubahan dan mengekspresikan diri dalam mendekorasi rumah dengan warna tidak surut.

"Keinginan untuk menciptakan ruang yang indah semakin kuat saat dunia semakin tidak dapat diprediksi. Warna dapat menenangkan dan menenangkan kita, seperti halnya warna dapat membuat kita gelisah atau tidak nyaman," kata Melanie Stevenson, manajer merek di Porter's Paints seperti dikutip dari Better Homes & Gardens Australia, Rabu (24/11/2021).

Nah, warna-warna interior apa saja yang diprediksi bakal menjadi tren pada tahun 2022 mendatang, yang akan menghiasi dinding, pintu, furnitur, dan peralatan rumah tangga? Berikut uraiannya.

1. Nuansa warna netral

Seperti yang tampaknya menjadi tema keseluruhan untuk tahun ini, palet warna interior didasarkan pada keinginan untuk kesederhanaan, kehangatan dan ketenangan.

Oleh karena itu, warna abu-abu dan warna netral yang keras akan digantikan oleh warna netral yang lembut.

"Kita mendambakan pengalaman sentuhan dan hubungan dengan orang yang kita cintai serta alam, mencari serat dan bahan alami, seperti kayu mentah, linen tidak terstruktur, dan batu bertekstur," jelas Andrea Lucena- Orr, nanajer warna dan komunikasi Dulux.

2. Terinspirasi dari alam

Warna-warna yang diilhami alam ini menanamkan nostalgia untuk lingkungan luar rumah. Warna netral yang lembut dan bersahaja bertemu dengan warna tanah liat yang lebih mentah dan kasar, hijau hutan yang kaya, dan hijau lumut.


Ini membuat kita menjauh dari warna krem yang bisa membosankan.

"Warna-warna hijau, dinding bertekstur, elemen kayu dan batu, banyak penanaman dan cahaya siang hari yang bergizi, semuanya berpadu untuk merangkul kebutuhan bawaan untuk mandi di alam," jelas Marylou Cafaro, pakar warna dan desain di Wattyl.

3. Kaya dan mewah

Tahun 2020 dan 2021 cenderung tidak banyak memberi kesan menyenangkan karena pandemi. Namun, pada tahun 2022 akan muncul inspirasi, harapan, dan petualangan baru.

Ini tercermin dalam interior dengan kontras yang berani dalam perayaan ketahanan, semangat, ekspresi, keragaman, dan kekuatan.

"Interior berlapis, ekspresif, dan sangat individual, dengan kain dekaden seperti beludru, sutra, dan kulit alami, dipasangkan dengan barang antik, seperti lampu 1960-an yang unik atau cermin asli 1940-an," papar Lucena-Orr.

4. Semburan warna yang cerah

Menjelang akhir tahun 2021, ada rasa perayaan, kegembiraan, dan kebangkitan yang tak terbantahkan. Ini akan tercermin di interior kita.

Kita siap untuk menyambut kesenangan dan keceriaan kembali ke dalam hidup saat kita kembali melihat dunia dengan rasa takjub. Kita merindukan hari-hari ketika segala sesuatunya lebih sederhana dan tidak terlalu serius.

Oleh karena itu, kita akan melihat warna-warna cerah dan hidup bersatu dengan cara yang tidak terduga.

"Warna menyenangkan, nuansa musim panas, dan terinspirasi tahun 80-an, pikirkan biru bunga jagung, lilac, lemon, kuarsa hijau, dan emas mawar. Bersama-sama, mereka menciptakan perasaan melamun dan sentimental yang membangkitkan kenangan hari-hari tanpa beban dan membantu kita membayangkan kemungkinan di masa depan," tutur Lucena-Orr.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/24/075500376/warna-interior-yang-bakal-jadi-tren-pada-2022-apa-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke