Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Menciptakaan Pencahayaan Dapur yang Maksimal

Dapur yang begitu gelap dapat membuat proses memasak, menyiapkan makanan, dan makan menjadi terganggu. Karena itu, pencahayaan yang baik sangat penting untuk dapur agar memudahkan menjalani aktivitas. 

Dilansir dari Decor Tips, Senin (22/11/2021), berikut tips menciptakan pencahayaan dapur yang maksimal agar lebih menyenangkan. 

Pilih pencahayaan yang ideal 

Tips pertama untuk pencahayaan dapur berkaitan dengan pilihan sumber cahaya. Berikut ini pilihan pencahayaan untuk dapur. 

Cahaya alami

Penting memiliki ventilasi yang baik dan pencahayaan alami di dapur. Kamu bisa memasang satu atau beberapa jendela di dapur untuk memperoleh pencahayaan. 

Pencahayaan umum

Pencahyaan ini menerangi seluruh dapur secara merata dan dapat dicapai melalui lampu atau kap lampu (luminer) yang dipasang pada area berbeda.

Lampu sorot

Lampu sorot dapat digunakan untuk meningkatkan pencahayaan umum di dapur. Kamu dapat menempatkan lampu di bawah lemari dan menerangi area seperti kompor, wastafel, dan meja dapur. 

Pencahayaan terang

Cahaya terang itu istimewa dan bekerja dengan baik di hampir setiap ruangan di rumah. Namun, untuk dapur, kamu harus membatasi penggunaannya.

Tempatkan cahaya terang di atas meja makan atau gunakan pada lampu hias. Sebagai lampu kerja, gunakan lampu putih karena menerangi tugas-tugas penting dan membantu menghindari ketegangan mata.

Cahaya putih atau dingin memungkinkan kamu mengamati warna dengan lebih baik dan akan membuat tetap waspada. Hal ini memudahkan kamu serta tetap aman saat menangani peralatan dapur seperti pisau.  

Melampaui lampu sorot

Tips lain menerangi dapur sekaligus memberikan sentuhan dekoratif berbeda berkaitan dengan penggunaan yang tidak konvensional. Berikut beberapa ide yang bisa diikuti.

Lampu tersembunyi

Lampu ini beradaptasi dengan semua jenis dapur terlepas dari gaya dekoratifnya meski sangat cocok di ruang modern.

Lampu dinding atau lampu lintasan

Jenis lampu ini ideal apabila langit-langit dapur tidak memungkinkan untuk menyembunyikan kap lampu. Dalam gaya ini, ada berbagai macam desain dan warna. Jadi, pilihlah gaya yang paling sesuai dengan dapur.  

Lampu gantung

Lampu gantung menambah sentuhan elegan dan kepribadian unik. Biasanya, lampu gantung digunakan di meja makan atau meja dapur karena sebagai upaya untuk memamerkannya. 

Lampu dinding sconce

Lampu ini sangat berguna ketika tidak ada lemari di dapur untuk menampung penerangan. Jenis lampu ini dipasang pada dinding, elegan, dan sangat bergaya. 

Lampu di alas tiang

Manfaatkan ruang pada lantai atau plafon dapur untuk memasang lampu LED dan menambah keanggunan di dapur. 

Lampu LED di laci

mungkin hal ini terlihat ekstrem. Namun, sangat menyenangkan memiliki cahaya di antara laci dan selalu menemukan apa yang kamu cari.

Pilih bohlam berenergi rendah

Studi telah menetapkan bahwa lampu LED atau bohlam dengan konsumsi energi rendah menciptakan penghematan sekitar 75 persen dibanding lampu halogen dan neon.

Karena itu, di antara jenis penerangan dapur yang paling menonjol adalah jenis teknologi lampu hemat energi.

Selain mengurangi konsumsi energi dan biaya penagihan, jenis bohlam ini memiliki masa pakai cukup lama meski pada prinsipnya lebih mahal untuk dibeli daripada jenis bohlam lainnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/22/182400576/tips-menciptakaan-pencahayaan-dapur-yang-maksimal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke