Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Ras Anjing Asal Belgia, Bertubuh Besar dan Gagah

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa negara di dunia memiliki ras-ras anjing khas. Salah satunya adalah Belgia.

Meskipun sebagian besar ras anjing Belgia asli adalah anjing pekerja, terbiasa menggembalakan ternak, menjaga kawanan, dan melindungi rumah, beberapa di antaranya juga berbakat sebagai anjing penjaga, pembunuh tikus, dan sahabat manusia.

Dilansir dari The Spruce Pets, Rabu (3/11/2021), berikut beberapa ras anjing asal Belgia.

1. Belgian Laekenois

Belgian Laekenois adalah salah satu dari empat ras anjing gembala Belgia selain Belgian Malinois, Belgian Sheepdog dan Belgian Tervuren.

Memiliki ukuran dan tipe tubuh yang sama, keempat ras anjing ini digunakan untuk menggembalakan dan menjaga ternak, serta melindungi manusia dan harta benda.

Di Belgia, mereka diklasifikasikan sebagai varietas yang berbeda dari satu jenis anjing gembala Belgia, dengan perbedaan utama di antara mereka adalah jenis dan warna bulu.

Belgian Laekenois, yang merupakan ras gembala Belgia yang paling langka, dinamai berdasarkan daerah Laeken di ibukota Brussel. Laekenois memiliki bulu yang khas, yang membuatnya terlihat kusut.

Ras anjing ini waspada, protektif dan penuh kasih sayang dengan keluarga. Di Amerika Serikat, Laekenois Belgia adalah bagian dari American Kennel Club Herding Group.


2. Belgian Malinois

Belgian Malinois dikembangkan di wilayah Malines di luar ibukota Brussel. Belgian Malinois adalah penggembala domba, sekaligus pelindung keluarga dan pertanian.

Belgian Malinois adalah satu-satunya ras anjing gembala Belgia dengan bulu pendek. Malinois mungkin adalah jenis anjing gembala Belgia yang paling dikenal di Amerika Serikat karena sering digunakan sebagai anjing militer dan anjing pelacak.

Belgian Malinois terkadang disalahartikan sebagai German Shepherd yang lebih dikenal. Meskipun mirip dalam banyak hal, Belgian Malinois memiliki penampilan fisik yang agak berbeda, dengan garis tubuh persegi dan tubuh yang sedikit lebih ringan.

Bulu Belgian Malinois sedikit lebih pendek dari German Shepherd dan beberapa ahli berpendapat bahwa Malinois lebih kuat dalam kepribadian dan dorongan daripada Gembala Jerman. Di AS, Malinois adalah bagian dari AKC Herding Group.

3. Belgian Sheepdog atau Groenendael

Belgian Sheepdog adalah satu-satunya anjing gembala Belgia yang berkembang biak dengan bulu hitam yang panjang dan padat. Namanya diambil dari nama desa Groenendael, di mana jenis anjing gembala Belgia ini awalnya dibiakkan.

Anjing ini digunakan untuk menggembalakan domba dan sapi, serta bekerja sebagai anjing polisi dan militer.

Hingga kini, Belgian Sheepdog tetap sangat serbaguna dan dilatih untuk pekerjaan polisi, pencarian dan penyelamatan, sebagai anjing penjaga dan anjing terapi.

4. Belgian Tervuren

Dari ras anjing gembala Belgia, Tervuren Belgia paling mirip dengan sepupunya, yakni Belgian Sheepdog. Kedua ras ini memiliki bulu yang panjang, tebal, dan sama.

Akan tetapi, jika bulu Belgian Sheepdog berwarna hitam pekat, bulu Belgian Tervuren hadir dalam berbagai warna cokelat, mulai dari coklat kekuningan hingga mahoni russet dengan lapisan hitam dan topeng hitam di wajahnya.

Belgian Tervuren diberi nama berdasarkan desa Tervuren. Seperti anjing gembala Belgia lainnya, Belgian Tervuren membutuhkan banyak latihan untuk membakar energinya yang melimpah.

Mereka menuntut perhatian yang berlebihan dan sangat menyayangi, dan bahkan posesif terhadap, keluarga manusia mereka. Tervuren Belgia adalah bagian dari AKC Herding Group.

5. Bouvier des Flandres

Sesuai dengan namanya, Bouvier des Flandres berasal dari wilayah Flanders di Belgia. Seperti Laekenois, Malinois, Belgian Sheepdog, dan Belgian Tervuren, Bouvier des Flandres digunakan sebagai penggembala ternak dan anjing pertanian serba bisa.

Anjing ini sedikit lebih besar dan lebih kuat daripada ras anjing penggembala lainnya, dengan tubuh yang berat. Ras anjing ini juga memiliki ciri khas berupa bulu kasarnya yang kusut.

Tidak seperti beberapa ras anjing penggembala lainnya, Bouvier des Flandres cenderung tenang dan stabil ketimbang aktif sepanjang waktu. 

Bouviers des Flandres membutuhkan sosialisasi awal dan pelatihan yang tepat dari pemilik anjing berpengalaman yang dapat memberikan aktivitas dan stimulasi mental yang cukup. Bouvier des Flandres adalah bagian dari AKC Herding Group.

6. Brussels Griffon

Meskipun ini adalah ras terkecil yang berasal dari Belgia, Brussels Griffon memiliki kepribadian yang besar.

Meskipun Brussel Griffon awalnya merupakan anjing yang suka berkelahi yang digunakan sebagai tikus di kandang kuda, anjing kecil itu akhirnya menemukan jalannya ke pangkuan bangsawan, dimulai dengan Ratu Belgia Henrietta Maria, yang menjadi terpikat dengan anjing ini pada tahun 1870-an.

Ketika sang ratu menyukai sesuatu, itu akhirnya menyebar ke rakyat biasa, dan Brussels Griffon menjadi anjing rumahan favorit. Brussels Griffon adalah anjing pangkuan dan pendamping terbaik.

Ras anjing ini membutuhkan perhatian manusia dan tidak akan berhasil jika dibiarkan sendiri untuk waktu yang lama. Brussels Griffon adalah bagian dari AKC Toy Group.

7. Schipperke

Schipperke berasal dari provinsi Flemish di Belgia, di mana ras anjing ini berasal Abad Pertengahan. Schipperke adalah anjing yang umum ditemui di galangan kapal Belgia karena memberikan layanan yang baik, membunuh tikus pembawa penyakit di kapal tongkang dan kanal, dan bertindak sebagai anjing penjaga dan pendamping pekerja kapal.

Faktanya, nama anjing ini diterjemahkan menjadi "kapten kecil" dalam bahasa Inggris. Anjing-anjing ini juga dihargai sebagai teman bagi pemilik toko karena berfungsi sebagai anjing penjaga dan pembunuh hama yang sangat baik.

Schipperke memiliki bulu hitam pekat, namun tubuh mereka kekar dan tebal tidak berekor. Ras anjing ini karismatik dan penuh semangat, dengan banyak energi.

Schipperke hari ini masih merupakan anjing pengawas yang sangat baik, membunyikan alarm ketika orang asing mendekat, dan dengan senang hati akan mengirim tikus ke dalam dan di sekitar rumah Anda.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/03/113700776/7-ras-anjing-asal-belgia-bertubuh-besar-dan-gagah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke