Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengapa Kucing Menyentuh Wajah Pemiliknya dengan Cakar?

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing memiliki bahasa tubuh yang menjadi jembatan komunikasi antara sesama kucing dan pemiliknya.

Jika kucing peliharaan Anda meletakkan cakar di wajah Anda, kemungkinan karena dia mencoba berkomunikasi dengan Anda.

Melansir dari Cuteness, Selasa (26/10/2021), hal ini bisa menunjukkan jika kucing mencintai Anda atau memberitahukan jika makanan mereka sudah kosong. Berikut beberapa alasan kucing menyentuh wajah pemiliknya dengan cakarnya.

1. Untuk menunjukkan cinta

Sama seperti manusia, kucing menggunakan sentuhan fisik untuk menunjukkan kasih sayang kepada kucing dan orang lain.

Menurut akar perilaku kucing Pam Johnson-Bennett, kucing yang duduk dekat dengan Anda, menyentuh Anda, dan perlahan mengedipkan mata pada Anda menunjukkan betapa mereka mencintai Anda.

Dengan demikian, jika teman Anda mengulurkan tangan untuk menepuk wajah Anda dengan lembut, kemungkinan itu adalah tanda cinta kucing.

2. Untuk membangunkan Anda

Jika tidur nyenyak Anda terganggu di pagi hari oleh rasa jari-jari kecil di pipi Anda, maka kucing Anda mungkin hanya mencoba membangunkan Anda, menurut Hill's Pet Nutrition. Kemungkinan besar, kucing minta makan.

Untuk menghentikan "kucing jam alarm" mengganggu tidur Anda, pastikan kucing memiliki cukup makanan di piringnya sebelum tidur.

Dengan cara ini, dia bisa makan sesukanya sepanjang malam dan tidak ingin membangunkan Anda untuk mendapatkan makanannya di pagi hari.

3. Ajakan bermain

Jika kucing Anda mengulurkan tangan untuk menyentuh Anda dan kemudian kabur, dia mungkin hanya ingin mengajak Anda bermain. Ini terutama benar jika kucing Anda bosan dan tidak memiliki mainan untuk dimainkan.


Berinvestasi dalam beberapa mainan kucing menyenangkan yang diisi dengan catnip yang mengeluarkan aroma menggoda yang tidak dapat ditolak kucing.

Lemparkan catnip di sekitar rumah dan minta kucing Anda mengejar mereka.

Anda juga dapat menggunakan penunjuk laser untuk menarik perhatian kucing atau menggunakan mainan kucing yang digantung dari tali untuk memberi kucing sesuatu yang menyenangkan untuk dikejar.

3. Untuk meringkuk dengan Anda 

Kucing suka tidur di sebelah pemiliknya karena mereka merasa paling aman saat berada di dekat Anda.

Ini bukan hanya tanda cinta kucing, tetapi jika kebiasaan tidur kucing Anda termasuk menyentuh wajah Anda, itu adalah tanda bahwa dia memercayai Anda. Bagaimanapun, kucing adalah yang paling rentan ketika mereka tertidur.

Jika salah satu posisi tidur kucing termasuk merentangkan cakarnya saat dia tidur dan menyentuh wajah Anda dalam prosesnya, ini adalah tanda yang pasti bahwa dia memercayai Anda dan ingin meringkuk di dekat Anda.

Kucing juga memiliki kelenjar aroma di bagian bawah kaki mereka yang mereka gunakan untuk mengklaim wilayah mereka. Jika kucing memijat Anda atau menyentuh wajah Anda dengan cakarnya saat meringkuk di dekat Anda. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/26/102416776/mengapa-kucing-menyentuh-wajah-pemiliknya-dengan-cakar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke