Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bagaimana Cara Menyiram Tanaman Tomat di Dalam Pot? Ini Panduannya

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya bisa ditanam langsung ke tanah saja, namun tomat juga bisa ditanam di dalam pot. Biasanya, pemilik kebun dengan ruang terbatas sering memanfaatkan pot untuk menanam tomat.

Melansir dari Home Guides SF Gate, Selasa (19/10/2021), tanaman yang kuat ini tumbuh subur dalam wadah di lokasi yang menerima delapan jam atau lebih sinar matahari langsung, asalkan diberi pupuk dan air yang cukup.

Karena air mengalir melalui bagian bawah pot dan tanah biasanya lebih hangat, tomat yang ditanam dalam wadah memerlukan pemantauan yang lebih ketat daripada yang ditanam di tanah, salah satunya dalam penyiraman.

Berikut panduan untuk menyiram tanaman tomat di dalam pot. 

Penyiraman pagi

Penyiraman tanaman tomat di pagi hari saat udara tenang dan suhu dingin mencegah hilangnya air dari penguapan atau semburan angin. Ini juga memberi tanaman tomat kelembapan yang mereka butuhkan sebelum mereka menghadapi stres akibat panasnya hari.

Penyiraman di pagi hari dengan merendam tanah sampai air mengalir bebas melalui dasar wadah biasanya memberikan kelembapan yang cukup untuk menjaga tanaman tetap sehat di siang hari.

Penyiraman sore

Ketika penyiraman pagi hari tidak nyaman atau tanaman Anda menguras air tanah di siang hari, usahakan untuk menyiramnya lagi di sore hari, setelah panasnya hari berlalu.

Penyiraman larut malam menimbulkan risiko dedaunan tetap basah selama dinginnya malam, yang dapat mengundang penyakit.


Jika Anda harus menyirami tanaman tomat di malam hari, lakukan cukup awal sehingga dedaunan mengering sebelum matahari terbenam.

Siang hari

Tanaman tomat terkadang menjadi sangat kering di siang hari dan membutuhkan penyiraman untuk mencegah layu parah. 

Meskipun ini bukan waktu terbaik untuk menyiram, itu lebih baik daripada membiarkan tanaman menderita stres akibat sinar matahari sore dengan air yang tidak mencukupi.

Dalam hal ini, tuangkan air langsung ke tanah dan hindari membasahi dedaunan.

Pindahkan ke pot yang lebih besar

Tomat yang ditanam dalam pot biasanya membutuhkan penyiraman setiap hari. Jika tanaman tomat Anda menunjukkan tanda-tanda layu atau tanah terasa sangat kering di siang hari secara teratur, pertimbangkan untuk memindahkan tanaman Anda ke pot yang lebih besar.

Pot yang lebih besar menampung lebih banyak tanah, yang pada gilirannya menampung lebih banyak air untuk tanaman.

Menambahkan perlit dan bahan organik ke tanah meningkatkan kapasitas menahan air dan menghilangkan kebutuhan untuk menyirami tanaman tomat Anda beberapa kali sehari.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/19/095500476/bagaimana-cara-menyiram-tanaman-tomat-di-dalam-pot-ini-panduannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke