Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Ikan Cupang Mengenali dan Bisa Berinteraksi dengan Pemiliknya?

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikan cupang menjadi populer karena warnanya yang cantik serta perawatannya yang mudah. Bahkan, ternyata ikan cupang juga bisa mengenali pemiliknya.

Melansir dari Love to Know, Kamis (30/9/2021), ilmu pengetahuan telah menemukan bahwa ikan mampu mengenali wajah pemiliknya, bahkan jika pemiliknya berdiri di dekat akuarium bersama orang lain.

Ikan dapat mengembangkan asosiasi antara sesuatu yang mereka sukai, yang diberi makan, dengan orang yang memberi makan ikan cupang tersebut. 

Semakin sering Anda berinteraksi dengan ikan cupang, semakin besar kemungkinan mereka mengenali Anda.

Maka dari itu, hal yang normal bagi ikan cupang untuk berenang ke depan akuarium ketika pemiliknya datang ke sana. Ini bisa untuk mengantisipasi diberi makan, meskipun mereka juga akan mencari pemiliknya karena mereka tertarik dengan apa yang terjadi selanjutnya.

1. Ikatan ikan cupang dan pemiliknya

Ikan cupang mungkin tidak "mencintai" pemiliknya seperti anjing atau kucing menunjukkan kasih sayang, tetapi mereka akan menunjukkan minat dan afiliasi yang jelas dengan pemiliknya.

Ikan cupang juga dikenal memiliki ingatan yang baik dan dapat mengingat orang meskipun tidak melihatnya selama beberapa minggu atau lebih.

Mereka juga dapat mengingat tata letak akuarium mereka dan akan mengingat di mana tanaman dan dekorasi berada sebelum Anda memindahkannya.

Kemampuan untuk mengingat inilah yang membantu mereka untuk terikat dengan pemiliknya dari waktu ke waktu.

Jadi, semakin sering Anda melakukan interaksi atau berkunjung ke depan akuarium ikan cupang, semakin besar kemungkinan Anda memperkuat ikatan yang dirasakan ikan cupang dengan Anda.

Ini juga sehat untuk ikan Anda, karena kurangnya stimulasi dapat menyebabkan depresi dan stres.

1. Mainkan jari

Permainan ini hanya melibatkan menempatkan ujung jari Anda ke kaca akuarium ikan cupang.

Tunggu ikan cupang berenang ke tempat ujung jari Anda berada, lalu perlahan-lahan gerakkan ujung jari Anda di sepanjang kaca.

Idenya adalah agar ikan cupang mengikuti ujung jari Anda.

Jika dia mengikuti, Anda dapat menggerakkan jari Anda ke berbagai arah, lingkaran, dan zig zag untuk menantang ikan cupang agar mengikuti Anda. Perhatikan, letakkan jari Anda dengan lembut pada akuarium dan jangan mengetuknya, karena ini dapat mengganggu ikan.

2. Main bola

Cobalah menempatkan bola kecil terapung kecil di akuarium, seperti bola pingpong atau bola plastik mainan kucing.

Dorong di sekitar permukaan akuarium dan tunggu ikan cupang Anda berenang dan berinteraksi dengannya.

Beberapa cupang akan berenang di sekitarnya, sementara yang lain mungkin benar-benar mencoba untuk mendorongnya sendiri.

Jika ikan cupang berinteraksi dengan bola, Anda bisa bermain dengannya dengan mendorong bola dengan lembut menggunakan jari-jari Anda dan mendorongnya untuk bergerak setelahnya.

4. Gunakan cermin

Ada mainan yang dijual di toko hewan peliharaan yang terdiri dari bola mengambang dengan cermin yang menggantung di bawahnya. Idenya adalah bahwa cupang akan berenang ke cermin dan melihat pantulan dirinya sendiri dan "mengembangkan" siripnya.


Meskipun mainan ini memberikan rangsangan, mainan ini juga dapat menyebabkan banyak stres bagi ikan Anda karena mereka akan menganggap bayangannya sebagai ikan lain di dalam akuarium yang merupakan ancaman.

Gunakan mainan ini tidak terlalu sering atau hindari sama sekali dan pilihlah mainan yang tidak akan membuat ikan Anda stres.

5. Hiasi akuarium

Ikan cupang tertarik dengan warna-warna cerah, jadi menempatkan beberapa dekorasi di bagian luar akuarium bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan dan merangsang bagi ikan Anda.

Anda dapat menggunakan kertas cerah dan menempelkannya di bagian luar kaca tangki.

Putar mereka saat ikan Anda menunjukkan minat padanya. Anda dapat bereksperimen dengan menempelkan benda-benda mengilap, seperti kertas dekoratif metalik atau gemerlap, atau bahkan menggantung ornamen kaca berwarna kecil di tangki, karena kilau dan gerakan pasti akan memicu minat ikan cupang.

6. Targetkan jari Anda

Permainan menyenangkan lainnya untuk dimainkan dengan cupang Anda adalah mengajari mereka untuk menyentuh jari Anda saat Anda memasukkannya ke dalam air.

Anda dapat melakukan ini dengan meletakkan jari Anda dengan lembut di permukaan air dan menaburkan makanan di sekitarnya.

Anda perlu menggunakan jenis makanan terapung untuk ini, karena Anda ingin makanan tetap berada di permukaan, dan Anda mungkin harus mematikan filter sementara agar alirannya tidak menyebarkan makanan di sekitar akuarium.

Akhirnya ikan akan menyentuh jari Anda saat dia mencari makanan. Jika Anda terus mengulangi aktivitas ini, dia mungkin mulai menyentuh jari Anda terlebih dahulu sebelum mendapatkan makanannya.

Mengembangkan ikatan dengan ikan cupang

Mungkin umumnya dianggap bahwa ikan tidak cerdas dan tidak memiliki emosi, tetapi siapa pun yang memiliki cupang tahu bahwa ini tidak benar.

Ikan ini cukup pintar untuk mengenali pemiliknya dan menanggapi kehadiran Anda.

Meskipun mereka mungkin tidak menunjukkan kasih sayang seperti jenis hewan peliharaan berbulu kita atau menanggapi nama mereka, mereka dapat menunjukkan minat dan afiliasi terhadap pemiliknya dan akan membalas jika Anda meluangkan waktu untuk mengembangkan hubungan positif dengan mereka.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/30/114923476/apakah-ikan-cupang-mengenali-dan-bisa-berinteraksi-dengan-pemiliknya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke