Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Asal, Ini Trik Meletakkan Tanaman di Ruang Tamu

Melansir dari Gardening Know How, Rabu (22/9/2021), salah satu ruangan di rumah yang dapat diletakkan tanaman adalah ruang tamu. 

Ruang tamu bisa dibilang ruang utama di rumah dan sering kali menjadi ruangan pertama yang dilihat para tamu. 

Meletakkan tanaman di ruang tamu dan ruangan lainnya di rumah dapat membantu mengurangi racun dan membersihkan udara. Selain itu, membantu menghilangkan stres dan memberi ketenangan. 

Namun, meletakkan tanaman di ruang tamu tak boleh sembarangan dan hanya beberapa tanaman tertentu yang boleh diletakkan. Nah, berikut ini trik meletakkan tanaman di ruang tamu.  

Memilih tanaman hias untuk ruang tamu

Salah satu kebutuhan yang sering terabaikan dalam merawat tanaman di dalam ruangan adalah cahaya. Untungnya, ada banyak tanaman indoor yang tumbuh subur dalam cahaya sedang hingga rendah.

Di ruangan yang mendapat paparan sinar matahari dari timur atau utara, cahaya paling terang pada hari itu akan berlangsung singkat dan mungkin tidak akan menembus terlalu jauh ke dalam rumah. 

Ada beberapa tanaman yang dapat menjadi pilihan seperti pakis asparagus yang sangat membutuhkan cahaya redup dan sulit tumbuh dalam cahaya terang. Tanaman ini dapat diletakkan dalam pot gantung atau di atas rak tinggi.

Ada pula tanaman lidah mertua atau snake plant yang sangat mudah dirawat. Meletakkan tanaman lidah mertua di ruang tamu akan memberikan ketajaman arsitektur pada ruangan dalam situasi cahaya sedang.

Selanjutnya, ada pakis staghorn yang dapat tumbuh di dinding. Dengan memanfaatkan dinding vertikal, tanaman pakis ini akan menambahkan detail cantik di dalam ruang tamu.

Pilihan lain, pothos, peace lily, tanaman laba-laba, English ivy, dan philodendron. 

Ruang tamu yang menghadap arah selatan atau barat 

Meletakkan tanaman di ruang tamu juga perlu memperhatikan arah. Ruang tamu yang menghadap arah selatan atau barat harus memilih tanaman yang dapat mentoleransi cahaya terang dan kondisi yang sering kali lebih panas terjadi pada tengah hari.

Pilihan tanaman untuk ruang tamu yang cerah, di antaranya dracaena, sukulen, dan kaktus, Ketiga tanaman ini dapat memberikan nada, tekstur, ukuran, dan memiliki tingkat daya tahan yang tinggi. 

Tanaman ini biasanya lebih memilih cahaya terang, tetapi beberapa memerlukan perlindungan dari sinar matahari siang.

Pilihan lain, Chinese money plant. Tanaman ini mudah dirawat dan bisa membawa keberuntungan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/22/215500376/jangan-asal-ini-trik-meletakkan-tanaman-di-ruang-tamu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke