Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Hal yang Membuat Anda Bersin di dalam Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain mengalami flu, seseorang bisa bersin terus menerus karena suatu hal. Jika Anda mengalami bersin terus setiap hari dengan waktu sama di dalam rumah, mengartikan penyebabnya ada di dalam ruangan itu sendiri.

Dilansir dari Good Housekeeping, Jumat (17/9/2021), ada beberapa benda di dalam rumah yang menjadi penyebab Anda bersin terus-menerus, antara lain sebagai berikut. 

1. Lilin wangi

Tentu, semua semua ingin rumah memiliki wangi seperti lilac, pantai, atau aroma lainnya setiap saat. Tetapi sebuah penelitian tahun 2011 menemukan bahwa wewangian rumah seperti semprotan ruangan, diffusers, atau lilin adalah penyebab umum pernapasan atau alergi.

"Faktanya, setiap parfum yang kuat dapat mengiritasi, yang dapat memicu bersin," jelas Andrew S Kim, direktur medis dari Alllergy & Asthma Center di Fairfax, Virginia, dan rekan dari American Academy of Allergy, Asthma & Immunology.

2. Vacuum cleaner

Mesin vacuum cleaner yang diperlakukan buruk akan menimbun banyak debu dan menyebabkan seseorang bersin terus-menerus. Carolyn Forte, direktur Lab Pembersihan di Good Housekeeping Institute, mendorong seseorang untuk mengingat aturan "enam atau enam."

Maksudnya, ganti filter HEPA vakum Anda setiap enam bulan atau setiap penggantian kantong keenam.

Anda juga harus mengosongkan kantong saat itu tiga perempat penuh, karena kantong yang terlalu penuh itu akan menghambat penyedotan, dan semua debu yang Anda coba ambil tidak akan kemana-mana.

3. Angin dari luar jendela

Tindakan sederhana menghirup udara dingin bisa membuat Anda bersin. Mengapa?

Refleks bersin Anda dipicu ketika sesuatu mengiritasi saluran hidung Anda atau ketika Anda merangsang saraf yang mengalir melalui hidung Anda (saraf trigeminal, tepatnya). Udara dingin diketahui melakukan keduanya.

4. Vas bunga

Beberapa bunga yang menghasilkan serbuk sari kecil yang terbawa angin yang cenderung menyebabkan alergi.

Oleh sebab itu, hindari bunga beraroma banyak seperti bunga lili freesia dan stargazer, dan pilih bunga yang lebih berbau netral seperti dahlia dan iris.

Sebagai gambaran, kira-kira 20 juta warga Amerika Serikat alergi terhadap makhluk-makhluk kecil ini, jadi jika Anda mencuci seprai secara teratur, tetapi masih flu, Anda dapat memeriksa mainan anak Anda.

Jika boneka binatang dapat dicuci (periksa label perawatannya), Anda dapat memasukkannya ke dalam mesin setiap beberapa bulan. Letakkan saja di sarung bantal terlebih dahulu untuk melindunginya.

Ruangan yang terpapar sinar matahari
Seperti udara dingin, sinar matahari yang cerah adalah pemicu umum untuk bersin. Fenomena ini dikenal sebagai bersin fotik.

6. Headboard berlapis

Menyedot debu secara teratur akan membantu menghilangkan debu di beberapa benda, tetapi tidak akan menjangkau tungau yang hidup jauh di dalam isian seperti di dalam headboard  atau alas kepala di tempat tidur berlapis.

Jika Anda memiliki alergi, mungkin yang terbaik adalah menyingkirkan sandaran kepala berlapis kain.

7. Keset kamar mandi

Jamur menyukai tumbuh di keset kamar mandi, dan saat spora menyebar di udara, mereka dapat menyebabkan Anda bersin. Faktanya, lebih dari 80 spesies bahan tersebut diketahui menyebabkan alergi pernapasan.

Cuci keset kamar mandi Anda seminggu sekali, jika ada jamur, gunakan setengah cangkir pemutih dan air dingin.

Keset berbahan karet dapat dimasukkan ke dalam mesin cuci (periksa label perawatan untuk mengetahui suhu yang sesuai), tetapi jangan masukkan ke dalam pengering.

Namun, udara yang terlalu lembap dapat mendorong pertumbuhan jamur dan penelitian juga menunjukkan bahwa udara lembap mendorong pertumbuhan tungau debu.

Untuk mendapatkan keseimbangan yang tepat, uji tingkat kelembapan rumah Anda (Anda dapat membeli peralatan yang terjangkau di toko obat atau toko perlengkapan rumah), dan coba pelembap udara atau dehumidifier sesuai kebutuhan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/17/110000976/9-hal-yang-membuat-anda-bersin-di-dalam-rumah-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke