Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Membeli Rumah Baru

Namun, memiliki rumah baru penuh dengan tantangan yang tak mudah. Tak heran, membuat orang kerap melakukan kesalahan saat proses pembelian. 

Mulai dari, membeli rumah dengan harga di luar kemampuan, lokasi yang salah, hingga letak rumah yang tidak aman dan nyaman. 

Karena itu, penting mengetahui kesalahan ini agar bisa dihindari sejak awal dan akhirnya tidak membuat penyesalah pada kemudian hari. 

Melansir dari American Home Shield, Minggu (5/9/2021), berikut ini adalah beberapa kesalahan yang harus dihindari saat membeli rumah baru. 

Tidak tahu berapa banyak rumah yang mampu dibeli

Penting untuk memahami berapa banyak rumah yang benar-benar dapat dibeli. Aturan umum adalah bahwa pengeluaran rumah Anda tidak boleh lebih dari 28 persen dari pendapatan bulanan.

Selain itu, pertimbangkan berapa banyak hutang atau cicilan yang Anda miliki per bulan seperti pembayaran mobil, uang sekolah anak, dan sebagainya. 

Setelah mempertimbangkan faktor-faktor ini, Anda akan memiliki gagasan yang lebih baik tentang berapa banyak rumah yang dapat dibeli dengan nyaman. Jika semua angka ini membuat kepala pusing, coba bicarakan dengan penasihat keuangan. 

Menguras rekening tabungan 

Banyak orang berpikir bahwa mereka perlu menguras semua tabungan untuk membayar uang muka rumah demi meringankan kredit. 

Meski merupakan ide baik, hal ini justru bisa membuat Anda kesulitan ke depannya karena tidak lagi memiliki keuangan darurat saat rumah memerlukan perbaikan yang tidak terduga.

Karena itu, ada baiknya untuk selalu menyisihkan pengeluaran selama tiga hingga enam bulan di rekening tabungan. 

Tidak belanja KPR dulu

Belanja jendela untuk rumah jelas lebih menyenangkan daripada berbicara dengan pemberi pinjaman kredit. Namun, Anda tidak ingin membuat hati terpaku pada rumah hanya untuk mengetahui bahwa Anda tidak mampu membelinya.

Dapatkan pra-persetujuan untuk kredit terlebih dahulu. Jangan puas dengan pemberi pinjaman pertama. 

Tidak mencari rumah dengan DP minim

Kini, banyak pengembang dan pemerintah yang memberikan insentif untuk pembeli rumah pertama kali dengan menawarkan uang muka atau down payment rendah atau tanpa uang muka. 

Cobalah melakukan riset untuk mendapatkan peluang ini dan bicarakan juga dengan pemberi pinjaman hipotek Anda. Tentu ini akan menghemat biaya pembelian. 

Tidak memahami biaya

Ada lebih banyak biaya untuk memiliki rumah daripada biaya kredit. Misalnya, Anda sekarang akan bertanggung jawab atas tagihan yang mungkin tidak Anda miliki sebagai penyewa seperti minyak dan gas, biaya HOA, biaya lansekap, pengendalian hama, pajak properti, dan sebagainya.

Selain itu, Anda akan bertanggung jawab untuk mengurus perbaikan rumah, sedangkan pemilik mungkin telah menanggungnya sebelumnya. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/05/182000776/5-kesalahan-yang-harus-dihindari-saat-membeli-rumah-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke