Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Bahan Alami yang Bisa Digunakan untuk Membersihkan Dapur

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi area yang paling sibuk di dalam rumah, membuat dapur harus selalu dibersihkan.

Hal ini terkait dengan banyaknya ragam sajian makanan yang selalu dibuat di dapur, terlebih ketika banyak sampah yang menumpuk di area tersebut, menjadikan dapur harus dibersihkan setiap hari.

Melansir dari Southern Living, Sabtu (4/9/2021), untuk membersihkan dapur, Anda bisa menggunakan beragam bahan alami yang ada di dalam rumah. Berikut penjelasannya.

1. Baking soda atau soda kue

Soda kue yang dikombinasikan dengan percikan air menciptakan pasta yang dapat menjadi bahan pembersih, menghilangkan bau, dan membuat peralatan dapur berkilau seperti baru.

Soda kue bahkan bisa ditaburkan ke spons basah, kemudian gunakan untuk membersihkan meja, wastafel, dan noda bekas gelas di permukaan meja.

2. Lemon

Jeruk lemon bersifat antibakteri, antijamur, dan baunya ringan dan menyegarkan. Lemon kaya akan asam, menjadikannya bahan yang ideal untuk membunuh kuman dan jamur.

Usap potongan lemon di atas ubin dan talenan untuk memberi kesegaran alami.

3. Pemutih

Pemutih adalah salah satu bahan yang bekerja paling keras di dapur. Campur dengan air dalam botol semprot dengan perbandingan 1 banding 10 dan dengan mudah mendisinfeksi permukaan baja tahan karat dan peralatan rumah tangga biasa.

Khawatir dengan baunya yang menyengat? Jangan takut, karena bau itu akan hilang setelah bahan mengering.

Sementara itu, Anda bisa menambahkan kulit lemon atau rosemary untuk membuat aroma awal lebih menyenangkan.

5. Garam kosher

Garam kosher adalah bahan yang sangat baik untuk menghilangkan bau bawang putih dan bawang merah dari tangan Anda setelah seharian memasak.

Dikombinasikan dengan cuka, garam kosher dapat membantu mensterilkan permukaan kuningan dengan cara yang tidak berbahaya dan alami.

Ini juga dapat digunakan pada peralatan dapur keramik untuk menghilangkan noda yang mengganggu dan disiram ke saluran pembuangan untuk melarutkan lemak yang tidak diinginkan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/04/153700276/5-bahan-alami-yang-bisa-digunakan-untuk-membersihkan-dapur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke