Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Merawat Ikan Cupang agar Siripnya Besar

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang terpikat memelihara ikan cupang karena warna dan siripnya yang cantik. Beberapa jenis ikan cupang memiliki bentuk sirip yang besar, menambah pesona dan kecantikannya.

Dilansir dari The Nest, Jumat (3/9/2021), pertumbuhan sirip ikan cupang yang besar, panjang, dan bersurai indah secara alami. Kecepatan pertumbuhan sirip ikan cupang pun pada dasarnya alami.

Namun demikian, Anda dapat membantu pertumbuhan sirip ikan cupang menjadi lebih besar dengan menciptakan lingkungan yang sehat dan menjaga ikan cupang bebas stres.

Meskipun tidak ada cara cepat untuk menumbuhkan sirip ikan cupang menjadi lebih besar, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Berikut di antaranya.

1. Perhatikan kondisi akuarium

Simpan ikan cupang Anda dalam akuarium minimal 18 liter. Toko hewan peliharaan sering menjual ikan cupang dalam wadah atau mangkuk kecil untuk menghemat ruang.

Selain itu, ini karena ikan cupang tidak dapat disimpan bersama dalam satu akuarium karena bisa menyerang satu sama lain.

2. Ganti air

Ganti 50 persen air setiap hari jika Anda menginginkan ikan cupang yang lebih besar. Ikan cupang mengeluarkan hormon yang menghambat pertumbuhannya.

Dengan demikian, penghilangan sebagian besar air ini sangat penting untuk pertumbuhan maksimum, menurut laman Betty Splendens.

Kemudian, isi ulang akuarium dengan air bersih.


3. Suhu akuarium

Pertahankan suhu akuarium ikan cupang pada kisaran 22 hingga 26 derajat celcius Perubahan suhu dapat membuat ikan cupang stres, menghambat pertumbuhan.

Perubahan suhu yang sering, atau perubahan drastis yang tiba-tiba, dapat membuat ikan cupang mati.

4. Perhatikan makanan ikan cupang

Beri makan ikan cupang dengan pakan tinggi protein dan serat. Cacing darah, udang tumbuk, dan vitamin sering digabungkan menjadi pelet makanan untuk membantu sistem kekebalan tubuh ikan cupang.

Beri makan ikan cupang Anda dua hingga tiga kali sehari dan berikan hanya cukup makanan yang dapat dikonsumsi ikan cupang dalam beberapa menit.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/03/163100176/cara-merawat-ikan-cupang-agar-siripnya-besar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke