Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Menciptakan Kamar Mandi yang Nyaman

Namun, menciptakan kamar mandi yang sempurna bisa menjadi sebuah tantangan. Sebab, merancang kamar mandi berarti memulainya dari awal. 

Mulai dari, menata ruang, menentukan lokasi untuk perlengkapan pipa, hingga merenovasi fasilitas yang ada.

Apa pun desain yang dipilih dan hal yang diperbaiki, penting merancangnya senyaman mungkin agar bisa memberi ketenangan saat mandi sekaligus menjadi ruang relaksasi. 

Melansir dari Today's Homeowner, Minggu (22/8/2021), berikut ini tips menciptakan kamar mandi yang nyaman. 

Pilih wastafel

Kamar mandi umumnya memiliki dua jenis wastafel, yakni undermount yang ditempatkan di bawah meja dan self-rimming yang Anda masukkan ke dalam lubang berukuran kecil di meja.

Wastafel undermount menawarkan desain yang ramping dan mulus, tidak memiliki bibir yang dapat menangkap kotoran, serta menawarkan ruang meja yang lebih besar. 

Wastafel undermount cenderung lebih mahal daripada wastafel drop-in. Wastafel drop-in lebih mudah dipasang dan lebih terjangkau daripada wastafel undermount, tetapi juga memakan lebih banyak ruang meja.

Baik wastafel undermount maupun self-rimming memiliki pro dan kontra, jadi pertimbangkan faktor-faktor tersebut serta pilih opsi yang paling sesuai untuk rumah Anda.  

Pilih bathtub yang tepat

Ada banyak jenis bak mandi (bathtub) yang bisa dipilih, dari bak built-in yang memanjang dari satu dinding ke dinding lainnya, bak berdiri bebas yang dapat miring ke belakang dan menawarkan suasana keanggunan dunia lama, dan bak mandi yang bermanfaat bagi orang dengan mobilitas terbatas serta dapat mengurangi risiko cedera.

Pilihlah bathtub yang memberi kenyamanan dan material terbaik, dari material kelas bawah hingga kelas atas, seperti plastik, logam, resin, fiberglass, bahkan batu. Pertimbangkan juga bak mandi yang memiliki shower.  

Berikan pencahayaan 

Pencahayaan yang tepat memberikan visibilitas pada kamar mandi yang gelap, tetapi kamar mandi yang nyaman harus menampilkan lebih dari sekadar pencahayaan tugas.

Kamar mandi yang nyaman harus memiliki lampu yang menambah suasana dan membantu menciptakan suasana seperti spa. Secara tradisional, lampu kamar mandi dipasang pada langit-langit. 

Untuk shower atau bak mandi tertutup, gunakan lampu downlight tahan uap, yang biasanya tidak akan berpengaruh oleh tingkat kelembapan tinggi.

Anda juga dapat menggunakan lampu aksen yang menyoroti fitur di seluruh kamar mandi, memberikan semua penerangan yang dibutuhkan sambil menambahkan suasana. 

Atur ruang penyimpanan

Kamar mandi dapat dengan cepat menjadi tidak teratur, terutama bila digunakan bersama. Memiliki banyak ruang penyimpanan dapat mengatasi kekacauan tersebut. 

Ruang penyimpanan dapat mencakup meja rias, tempat duduk dekat jendela atau lemari toilet. Rak terapung juga dapat memberikan solusi yang mudah dan terjangkau.

Kuncinya adalah untuk menghindari unit rak yang berdiri sendiri yang memenuhi tapak ruangan, terutama di ruang kecil. 

Berikan ventilasi 

Jika Anda menginginkan kamar mandi yang tidak hanya nyaman, tetapi juga sehat, ventilasi yang memadai adalah suatu keharusan.

Ventilasi melindungi kamar mandi agar tidak lembap, yang dapat menyebabkan pertumbuhan jamur. Perlu diketahui, jamur dapat mempengaruhi kualitas udara dalam ruangan dan kesehatan. 

Gunakan kipas angin dan pastikan kamar mandi memiliki setidaknya satu jendela pembuka yang memungkinkan udara masuk dan keluar.

Bagaimana pun ventilasi atau kipas dapat mengalami malfungsi atau rusak. Untuk itu, sebaiknya memiliki opsi cadangan!

https://www.kompas.com/homey/read/2021/08/22/073000276/5-tips-menciptakan-kamar-mandi-yang-nyaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke