Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Penyebab Daun Aglonema Menguning dan Cara Menanganinya

JAKARTA, KOMPAS.com - Daun menguning merupakan salah satu permasalahan yang bisa terjadi pada tanaman hias, termasuk aglonema.

Jika daun aglonema jadi menguning, maka tentu saja tampilan dan karakteristik daunnya tidak akan lagi terlihat menarik.

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat daun aglonema menguning, baik itu paparan sinar matahari hingga serangan hama.

Dikutip dari kanal YouTube Tanamanhias Bunga85, Rabu (18/8/2021), berikut ini adalah 4 penyebab daun aglonema menguning dan cara untuk mengatasinya.

1. Cahaya matahari

Tanaman hias aglonema akan tumbuh subur jika ditempatkan di bawah sinar matahari tidak langsung dengan intensitas cahaya rendah.

Tapi, apabila tanaman hias aglonema ini terlalu lama atau terlalu sering terkena paparan sinar matahari langsung, maka daun aglonema bisa terbakar.

Daun aglonema yang terbakar ini akan berubah warna menjadi kuning. Jadi, solusinya adalah memindahkan aglonema ke tempat yang intensitas cahayanya tidak terlalu tinggi.

Kamu bisa meletakkan aglonema di teras rumah atau memasang paranet sebagai pelindung tanaman kesayanganmu.


2. Media tanam terlalu lembap

Sering sekali penyebab utama kasus daun aglonema yang menguning adalah karena tanah atau media tanamnya terlalu lembap.

Apa penyebab tanah yang terlalu lembap? Ini bisa karena terlalu sering menyiram media tanam, sehingga menimbulkan masalah kesehatan bagi aglonema, salah satunya daun yang menguning.

Tanah untuk menanam aglonema memang harus tetap lembap, namun tidak basah. Jadi, kamu perlu ingat itu.

Sebelum menyiram aglonema, pastikan tanah atau media tanamnya telah kering. Caranya, masukkan jari ke dalam media tanam dan raba sampai ke dalam apakah media tanamnya masih basah atau sudah kering.

Jika kering, maka siramlah aglonema dengan air secukupnya dan tetap pastikan air yang disiramkan bisa mengalir dengan lancar ke lubang drainase di pot aglonema.

Jadi, kamu harus ingat untuk selalu mengecek kelembapan tanah apabila ingin aglonema milikmu tumbuh sehat.

Tapi, aglonema bisa mengalami stres jika tanah tempatnya tumbuh menjadi terlalu lembap.

3. Hama

Salah satu ciri aglonema yang terserang hama adalah daun yang menguning. Oleh sebab itu, pastikan aglonema milikmu bersih dari serangga dan hama-hama lainnya.


Bisa saja aglonema milikmu sedang diserang tungau laba-laba. Makhluk yang berukuran sangat kecil ini sulit dilihat oleh kasat mata.

Warna tungau laba-laba bermacam-macam, ada hijau, merah, kuning, cokelat dan oranye. Hama jahat ini suka dengan udara kering dan ditemukan menempel di batang dan daun aglonema.

Saat muncul di tanaman aglonema, tungau laba-laba akan memakan isi sel tanaman. Setelah sel tanaman dimakan, daun pada tanaman akan mengeluarkan bintik-bintik dan berubah warna menjadi kuning.

Ketika aglonema diserang hama, ambil kain lap basah lalu seka daun yang dihinggapi hama tersebut dengan minyak holtikultura atau sabun insektisida.

4. Musim hujan

Musim hujan juga berisiko mengakibatkan pembusukan daun dan daun aglonema jadi menguning.

Saat terjadi hujan, aglonema milikmu yang diletakkan ditempat terbuka akan terlalu lama digenangi oleh air hujan, sehingga sangat rentan diserang oleh jamur dan bakteri.

Jika sudah terjadi pembusukan, warna daun akan cepat menguning dan mengecil. Untuk mengatasinya, potong bagian daun yang membusuk, lalu semprot dengan obat antijamur dan antibakteri.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/08/18/120700176/4-penyebab-daun-aglonema-menguning-dan-cara-menanganinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke